Peristiwa

Lunch Box Organik Untuk Anak (1)
Jumat, 22 Januari 2010
box 1

Zaldy mengibarkan bendera My Meal untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin hidup sehat (Foto: Henry Ismono/Nova)

Salah satu usaha yang dibidik suami-istri ini cukup unik, katering organik untuk anak-anak. Untuk pesan, pelanggan bisa telepon atau order lewat internet. Praktis!

Salah satu upaya pasangan suami-istri Ignatius Zaldy (39) dan Lynda memperkenalkan usaha kateringnya adalah lewat situs www.mymealc atering.com. Lewat situsnya ini, “Orang makin kenal usaha yang saya jalankan,” tutur Zaldy yang membuka katering khusus menu diet dengan bahan-bahan organik. Bahkan, Zaldy juga menawarkan katering kesehatan itu untuk anak-anak. “Persoalan anak biasanya soal obesitas dan alergi,” kata Zaldy.

Mengutip riset Departemen Kesehatan tahun 2005, begitu banyak terjadi obesitas pada anak. Jumlahnya lebih dari 90 persen. Padahal, obesitas merupakan awal munculnya berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan seterusnya. “Masalah lain, si anak tidak boleh mengonsumsi makanan tertentu oleh dokternya,” imbuh Zaldy.

Kirim Ke Sekolah
Dikisahkan Zaldy, kesulitan membuat menu sehat untuk anak ini pernah dikeluhkan seorang ibu padanya. Bersama istrinya Lynda, Zaldy yang semula khusus membuka katering diet untuk orang dewasa, juga memberi perhatian pada anak. “Persoalan anak berbeda-beda. Menu yang ditawarkan pun berbeda-beda. Menu yang kami sajikan, disesuaikan dengan kebutuhan anak,” kata Zaldy yang menawarkan menu katering untuk bayi 4 bulan – anak 10 tahun.

Zaldy menjanjikan bayi dan si anak akan mengonsumsi makanan organik sehat yang disusun oleh ahli gizi. Dengan menu personal ini, “Tentu si anak tidak akan alergi lagi. Makanan yang kami sajikan juga tidak akan membuat obesitas. Selain menggunakan bahan organik mulai dari sayuran, telur, dan daging, kami tidak menggunakan pengawet dan bebas MSG,” lanjutnya.

box 2

Website My Meal (Foto: www.mymealcatering.com)

Variasi makanan sangat diperhatikan Zaldy. Menunya selalu berganti. “Malah menu sarapan, makan siang, dan malam juga berbeda-beda.” Contoh menu yang disajikan antara lain adalah nasi tim, sup brokoli jagung manis dan jus alpukat lalu menu nasi, sukiyaki ayam, tempura brokoli, sup sayuran dan jus apel plus wortel. “Masing-masing menu ada informasi kandungan nutrisi.”

Sejak awal usaha lima tahun lalu, Zaldy sudah menerapkan konsep delivery. Dari tempat usahanya yang berfungsi sebagai kantor dan dapur di Gading Serpong, Tangerang, “Kami siap mengantar ke mana saja. Kami bisa menjangkau wilayah Tangerang, Jakarta, dan Bekasi Barat. Karena masalah jarak, kami belum bisa mengantar sampai ke Bogor.”

box 3

menu yang variatif ditawarkan agar pelanggan tidal bosan (Foto: Henry Ismono/Nova)

Bahkan, Zaldy yang menamakan usahanya My Meal juga siap mengirimkan katering ke sekolah. “Kami juga menawarkan katering khusus anak sekolah. Biasanya untuk makan siang,” kata Zaldy yang menamakan paket ini Healthy School Lunch Box. Menu makan siang sudah termasuk buah/cookies/pudding. Harganya Rp 200.000 untuk 10 kali antar (2 minggu). “Kami sudah mengantar ke beberapa sekolah.”

Untuk menu harian paket 15, 30, dan 45 hari, harganya beraneka, mulai dari Rp 950.000, Rp 1.900.000, sampai Rp 2.850.000. Konsumen tinggal memilih menu makan 3 kali sehari atau 2 hari. Ada juga paket yang lengkap dengan snack, ada pula yang tidak.

Soal rasa, selama ini tidak ada komplain. Salah satu kuncinya, selain variasi makanan, “Menu yang kami sajikan di bawah pengawasan chef. Oh ya, menu untuk anak usia 1 tahun ke atas dan dewasa sebenarnya hampir sama. Bedanya hanya di porsi, rasa pedas, dan tingkat kelembutan,” kata bapak tiga anak ini. (bersambung)

Henry Ismono/Nova

Views : 2155

Artikel Terkait
blog comments powered by Disqus
Tanggapan JIS tentang Dugaan Munculnya Korban Kedua
Toilet JIS "Aman" untuk Tindak Kejahatan
LPSK Belum Pastikan Membantu Korban Kekerasan Seksual di JIS
Polisi Belum Menerima Laporan Korban Lain Selain AK
Korban Kedua di JIS Juga Berdarah Campuran
Satu Lagi Murid JIS Jadi Korban Kekerasan Seksual
Polda Metro Jaya Gagalkan Perdagangan Perempuan di Malaysia
Tersinggung Diminta Bekerja, Suami Aniaya Istri
Kronologi Singkat Tindak Kekerasan Seksual di JIS
Nadya Hutagalung Ajak Masyarakat Tolak Gading Gajah
Kecaman untuk Dinda Makin Deras Mengalir di Media Sosial
Fenomena "Dinda", Cermin Kultur Kelas Menengah Saat ini
Akhirnya Dinda Minta Maaf
AW, Tersangka Kekerasan Seksual Dikenal Taat Beribadah
Pengamat: Berhentilah Menghujat Dinda!
JIS Tutupi Tindak Kekerasan Seksual di Sekolahnya?
Kasus Kekerasan Seksual di JIS Tarik Perhatian Seleb
Dugaan Korban Lain Selain AK Memang Benar?
Sudah Dilaporkan Polisi, Mahasiswa Kepolisian Ini Masih Saja Selingkuh
Orangtua AK Mendatangi Polda Metro Jaya
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.