Eksterior

Alternatif Finishing pada Dinding (1)
Rabu, 27 Januari 2010
dindingwarna

Dinding kamprot yang kemudian di-finishing cat warna kuning menjadi penarik perhatian tersendiri pada fasade rumah ini

Memberi sentuhan berbeda pada rumah, bisa dimulai dari tampilan terluarnya alias dinding luar rumah. Jika ingin Si Dinding mencuri perhatian lebih bagi siapapun yang memandangnya, ada banyak cara yang bisa dicoba.

 

Beri Tekstur
Dinding merupakan batas berupa bidang masif, yang berada di ruang dalam maupun ruang luar. Fungsi utamanya adalah untuk menopang atap dan langit-langit. Untuk mempercantik tampilan dinding, biasanya ia hanya ditutup dengan aci halus dan di-finishing  menggunakan cat. Sehingga yang dihasilkan hanyalah berupa warna pada permukaan rata.

Seiring perkembangan desain, sekarang ini banyak variasi bahan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat dinding, seperti bata merah, batako atau selkon (mirip batako tetapi lebih padat dan presisi). Ini artinya, lebih banyak pilihan yang bisa diaplikasikan sebagai sentuhan terakhir pada dinding.

Alternatif lain finishing  dinding adalah tetap mengecatnya namun diberi sentuhan tekstur. Awalnya tekstur memang diberikan sebagai "penutup" dinding yang tidak sempurna (tidak rata, mengelupas). Tapi, saat ini dia naik kelas menjadi idola untuk finishing dinding terutama untuk rumah modern minimalis yang sedang naik daun.

 

Motif Vertikal

Rumah minimalis paling cocok mempunyai dengan motif vertikal (garis-garis) dengan desain yang minimalis juga. Hati-hati, kerjakan dengan teliti, agar hasil akhir treatment  dinding ini maksimal. ­Karena, pada dasarnya desain minimalis memang lebih mengutamakan ­kerapihan ­dalam pengerjaannya.

Banyak jenisnya untuk finishing  dinding ini, hal ini bisa dilihat dari motif garis-garisnya. Ada yang jarang-jarang, rapat. Ada yang motif garisnya kotak, ada juga yang se­dikit bulat. Semua ini tinggal disesuaikan dengan selera dan konsep yang ingin ditampilkan pada rumah.

Naskah: rum@h desain
E-mail: rumahdesain2009@gmail.com
Alamat: Jl. Dahlia D.54 Komp. Mabad 60 Rempoa – Ciputat, 021-9369 8651
Lokasi: Rumah Contoh Dhaya Pesona, Kost Blok S, Kediaman Bpk Arif Wijaya, Rumah Contoh Kebayoran View
Foto: Adrianus Adrianto/ NOVA

Views : 6011

blog comments powered by Disqus
Percantik Eksterior Rumah Mungil
Bersih-Bersih Usai Banjir
Teras Pelepas Penat
5 Tanaman Antipolutan di Rumah
Bertanam di Atap, Yuk!
Merawat Batu Alam
Kiat Memasang Rak Penyimpanan di Garasi
Agar Eksterior Rumah Lebih Menarik
Semburat Jingga di Buka Bersama
Teknik Pengecatan Eksterior
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.