Membership
Lupa password?
Tips

Menghindari Mabuk
Senin, 04 Oktober 2010

* Obat anti mabuk

Jika Anda sudah tahu si kecil selalu mabuk jika bepergian, tak ada salahnya memberinya obat anti mabuk sebelum berangkat. Tapi ingat, lo, berikan sesuai dosis! Nah, Anda tak perlu kaget jika selama perjalanan si kecil banyak tertidur. Hal tersebut akibat efek dari obat.

"Sebetulnya saat anak tidur, vertikal movement-nya nggak akan begitu terasa. Mungkin masih timbul mabuk, tapi akan berkurang," jelas Dr.H. Adi Tagor, Sp.A, DPH. Tapi, obat anti mabuk tak dibenarkan diberikan pada bayi. Lagi pula, tanpa obat pun bayi akan tertidur saat berkendara.

* Isi perut sewajarnya
Jangan bepergian dalam keadaan perut kosong. Jadi, sebelum berangkat pastikan si kecil sudah makan. Jangan membuatnya terlalu kenyang karena perut yang sangat penuh pun bisa mengakibatkan muntah.

* Hindari makanan menyengat
Makanan seperti bubur susu, buah-buahan, biskuit, permen boleh-boleh saja dimakan selama perjalanan. Tapi, hindari makanan yang beraroma menyengat atau makanan yang bisa menimbulkan alergi agar tak merangsang muntah-muntah.
Kecuali itu, sebelum berangkat, hindari makan sea food, "karena sea food juga potensial mengeluarkan histamin, terutama udang, kepiting, tenggiri, tongkol. Jadi, kalau kita tahu anak kita sensitif dan berniat mengadakan perjalanan jauh, misalnya dengan kapal terbang, mobil, atau kereta api, seminggu sebelum keberangkatan hindari mengkonsumsi makanan-makanan tersebut."

Selain sea food, hindari juga makanan yang menggunakan flavouring (penyedap rasa) karena flavour yang ada pada makanan itu mengandung zat-zat kimia yang potensial untuk menumbuhkan reaksi alergi. "Anak yang sensitif pada gerakan spasial dan sekaligus alergi, tentu akan mabuk dan muntahnya bisa luar biasa, lo."

* Posisi duduk
Biarkan si kecil duduk di kursi dekat jendela agar ia bisa sesekali menghirup udara segar. Kemudian, duduk di kursi bagian depan jauh lebih aman dibanding kursi belakang, karena goyangan mobil tak terlalu kuat bila duduk di bagian depan mobil.

* AC
Jangan menyalakan AC terlalu dingin karena akan merangsang alergi pada anak yang berbakat alergi. "Kita, kan, enggak bisa menghindari AC meski sudah pakai jaket karena yang diisap ke napas, kan, tetap dingin." Untuk itu, perlu disiapkan air hangat guna mengurangi efek dingin.

*Istirahat sejenak
Sesekali istirahat di perjalanan diperlukan. Bukan cuma buat Anda, tapi juga si kecil. Keluarlah sejenak dari mobil untuk menghirup udara segar dan melemaskan otot-otot yang pegal karena terlalu lama duduk.

* Suasana hati senang
Pastikan suasana hati si kecil cukup nyaman sebelum melakukan perjalanan agar ia bisa menikmati perjalanan.

* Jangan memberi label
Jangan meledeknya sebagai si pemabuk karena akan mempengaruhi kepercayaan dirinya.

* Kantung plastik
Benda ini sebagai antisipasi bila muntah tak bisa dihindarkan. Kantung plastik berguna sebagai tempat muntah agar tak berantakan ke mana-mana. Jangan lupa membawa handuk yang cukup untuk menyeka muntah yang ada di hidung, mulut, dan badan anak. "Bisa juga menggunakan tisu basah non alcoholic."

Hasto


blog comments powered by Disqus