Membership
Lupa password?
Tips

Memilih Taplak Meja
Sabtu, 04 Desember 2010
Taplak Meja 1

Foto: Adrianus Adrianto

Fungsi taplak meja tidak hanya sebagai alas, dia juga sebagai pemanis ruangan agar lebih chic. Mari pilih yang paling pas untuk Anda.

Ada dua solusi sederhana yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah ini, yaitu menjadikannya sebagai alas piring atau memotong meja Anda agar ukurannya pas. Kalaupun tak berkenan dengan opsi tadi, belajarlah mengukur taplak meja secara tepat.

Caranya?

Ketahui bentuk meja Anda mengingat ada 4 bentuk dasar taplak meja, yaitu persegi panjang, oval, lingkaran, dan persegi. Untuk setiap bentuk tersebut tentu tersedia berbagai ukuran yang sesuai untuk setiap meja.

Untuk mencari tahu ukuran meja Anda, ukurlah dari ujung ke ujung, boleh dalam satuan inci ataupun cm. Catatlah ukuran yang ada berdasarkan satuan tadi mengingat ada kalanya produsen hanya menampilkan satuan tertentu saja, entah inci atau cm, pada kemasannya. Sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui ukuran meja, karena pengertian secara teknis "cukup besar untuk 6 orang" kadang tak bisa dijadikan patokan.

Tentukan anggaran. Nominal yang akan Anda habiskan tentu saja akan memengaruhi tipe taplak meja yang akan Anda beli. 

Anggaran yang lebih besar memungkinkan Anda membeli taplak meja linen yang elegan, tahan lama, sekaligus terlihat istimewa untuk acara makan formal, baik yang diselenggarakan siang maupun malam hari.

Taplak Meja 2

Foto: Eng Naftali

Taplak meja dengan anggaran sedang biasanya memberi manfaat besar karena umumnya berbahan dasar polyester  yang mudah dibersihkan dan dicuci, sekaligus memiliki tampilan seperti linen asli. Taplak meja untuk penggunaan sehari-hari bisa dibeli dengan anggaran rendah sebaiknya berbahan dasar vinyl  atau kain biasa yang bermotif maupun polos. Taplak seperti ini amat dianjurkan bila buah hati Anda masih tergolong lasak.

Tidak apa-apa, kok, membiarkan bagian pinggir taplak terjuntai dari meja Anda. Biasanya produsen memang menambahkan sekitar 8-10 inci dari setiap ujungnya. Pinggiran taplak yang menjuntai apik justru akan menambah elegan pada dekorasi secara keseluruhan.

Tak ada salahnya Anda membeli taplak yang terbuat dari plastik vinyl . Hanya fungsi taplak ini lebih untuk menyelimuti taplak meja kain Anda yang berharga mahal.

Sah-sah saja menggunakan bahan tak biasa seperti brokat sebagai taplak. Hasilnya justru bakal lebih menarik karena tampil beda.

Lusia


blog comments powered by Disqus