Membership
Lupa password?
Tips

Es Krim dengan Liquid Nitrogen
Jumat, 21 Juni 2013
es krim

Ilustrasi

Es krim sudah menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Banyak pilihan yang ditawarkan dan menjadikan es krim semakin dicintai. Kini yang terbaru adalah membuat es krim dengan menggunakan liquid nitrogen atau nitrogen cair.

Namun amankah mengkonsumsi makanan yang dibuat dengan liquid nitrogen?

Astrid Hadywibowo , konseptor dan pemilik LIN Artisan Ice Cream menjelaskan dan memperlihatkan bagaimana teknik membuat es krim dengan menggunakan liquid nitrogen . Astrid mendemonstrasikan cara membuat sorbet lemon , bahannya terdiri dari air lemon, air gula, air, dan parutan kulit lemon, semua bahan dimasukkan ke mangkuk mixer yang terbuat dari stainless steel , mixer dihidupkan dengan kecepatan sedang, lalu Astrid menyemprotkan liquid nitrogen , dan dalam dua menit sorbet lemon pun siap disantap.  

Nitrogen cair biasanya digunakan sebagai gas refrigerant pada lemari pendingin. Yang menggantikan peran freon, nitrogen cair membuat makanan dalam kulkas menjadi cepat membeku.

Nitrogen tidak memiliki rasa, tidak berbau, dan tidak berwarna. Sehingga penggunaan dalam teknik membekukan makanan tetap aman.   Penggunaan nitrogen cair pada makanan memang memerlukan keahlian khusus dan dilakukan secara hati-hati. Penggunaan nitrogen cari untuk membekukan es krim, tidak langsung menuangkan nitrogen cair ke adonan es krim, namun hanya menyemprotkan nitrogen cair dengan tekanan tinggi sehingga yang membuat es krim dapat membeku adalah suhu dingin yang mencapai -190 derajat Celsius, sedangkan nitrogen cair menguap bersama udara. Karena itu es krim yang dibekukan dengan nitrogen cair ini tetap aman dikonsumsi.

Yang perlu diperhatikan pada saat pengolahan adalah penggunaan alat yang sebaiknya terbuat dari stainless steel, karena jika alat terbuat dari kaca maka akan beku dan pecah. Selain itu gunakan pula sarung tangan yang terbuat dari karet, sehingga aman jika nitrogen cair mengenai tangan.  

Dahrani

Views : 1031

blog comments powered by Disqus