Membership
Lupa password?
Tips

Cara Ampuh Atasi Sakit Perut
Kamis, 04 Februari 2010
sakit perut

Foto: Dok. NOVA

Perut melilit memang bikin pusing. Berikut ini sejumlah tips yang bisa membantu Anda mengatasi gangguan pada perut.

MELILIT WAKTU HAID
Seduh satu sendok makan kopi dengan air panas tanpa gula. Diamkan sebentar lalu minum.

HAID YANG BERLEBIHAN
Goreng kulit buah mangga pada minyak panas. Biarkan dingin dan makan.

MULAS WAKTU HAID
Sediakan 1 potong jahe sebesar ibu jari, 1 potong kunyit sebesar ibu jari, dan 1/2 ruas kencur. Cuci semua bahan lalu parut. Campur perasan airnya dengan air jeruk nipis dan seduh dalam 1/2 gelas air panas. Saring lalu tambahkan gula dan garam secukupnya. Minum seduhan ini pada hari pertama haid agar rasa mulas hilang.

MEMPERLANCAR HAID
Minumlah secara teratur campuran air tomat, air kunyit, dan air wortel.

PERUT KEMBUNG
Ambil sepotong kunyit dan bakar di atas api. Biarkan agar kunyit menjadi panas. Kupas dan memarkan. Masukkan kunyit tersebut ke dalam gelas yang berisi air panas. Tambahkan gula merah secukupnya. Minumlah ramuan ini selagi masih hangat. Parut seruas kencur dan bawang merah. Campur dengan sesendok minyak tanah. Oleskan pada bagian perut, punggung, dan telapak tangan. Bisa pula Anda sembuhkan dengan pucuk daun pisang batu. Ambil pucuk daun pisang batu yang dilayukan di atas api. Tempelkan pada perut kembung.

MELANCARKAN AIR SENI
Makanlah buah pepaya matang. Campurkan dengan madu.

MENGOBATI DESENTRI
Ambil secangkir ketan hitam, 1 buah gambir yang sudah dihaluskan, dan 1 jempol kunyit. Sangrai semua bahan sampai hangus, dan campur dengan segelas air hangat. Minum ramuan ini segelas setiap hari.

MENGOBATI SAKIT PERUT
Bakar sagu kemudian makan. Cara lain, tumbuk sampai halus beberapa lembar daun kapas muda. Peras dan ambil airnya. Beri sedikit garam lalu minum. Anda pun bisa memanggang daun pepaya muda di atas api arang sampai layu dan hangat. Tempelkan berkali-kali ke perut.

Kiriman: Anie H.R./Dok. NOVA

Views : 4654

blog comments powered by Disqus