Membership
Lupa password?
Tips

Agar Anak Bersemangat
Rabu, 26 Mei 2010
anak cara

Foto: Dok. Nova

Percayalah, si kecil dapat berhasil melakukan segala sesuatu bila kita memberinya kepercayaan penuh untuk melakukannya. Ikuti tips berikut:

* Jangan melarang anak kala ia hendak mencoba mengerjakan sesuatu tugas baru, kendati Anda belum yakin ia akan berhasil. Biarkan ia mencobanya. Bila Anda takut ia gagal, berilah beberapa petunjuk atau bimbingan yang dapat menolongnya.

* Jangan melemahkan semangatnya dengan mengatakan, "Dulu kamu juga pernah mencobanya, tapi malah jadi berantakan." Doronglah dan bantu ia untuk melihat "kesalahan-kesalahan" yang dulu menyebabkan ia gagal sehingga tak terulang lagi.

* Kala Anda minta ia melakukan sesuatu tugas, pastikan tugas itu memang dapat ia kerjakan atau sebelumnya Anda sudah pernah melatihnya.

* Ajak anak untuk berpikir positif. Kala hendak melakukan sesuatu tugas baru, tak jarang timbul keragu-raguan, "Bisa enggak, ya, aku melakukannya." Katakan padanya, "Kamu pasti bisa. Kalau ada yang sulit, kamu bisa tanyakan pada Ayah. Nanti Ayah akan membimbing kamu."

* Saat ia mengalami kegagalan, berilah semangat agar ia pantang menyerah. Ingatkan ia akan keberhasilan-keberhasilannya di waktu lalu dan bagaimana ketekunannya telah membuahkan hasil.

* Jika Anda melihat ia pasti akan gagal tanpa bantuan Anda, segera beri pertolongan tapi bukan mengambil alih. Jadi, tetap anak yang berusaha menyelesaikan tugasnya sementara Anda hanya membimbingnya.

* Bersabarlah. Jangan mengharapkan si kecil langsung bisa menyelesaikan tugasnya hanya karena Anda sudah mengajarinya. Bagaimanapun ia butuh waktu untuk benar-benar bisa terampil melakukan sesuatu pekerjaan.

* Jangan menuntut anak untuk selalu berhasil. Tak ada manusia yang sempurna. Lagipula, kegagalan juga penting bagi perkembangannya. Anak belajar dari kegagalan yang lalu untuk berhasil di kemudian hari.

Julie

Views : 1204

blog comments powered by Disqus