Membership
Lupa password?
Tips

5 Cara Atasi Rambut Rontok
Rabu, 22 April 2009
rambut

Foto : Dok. Nova

Kerontokan rambut melalui tiga tahap. Yang pertama adalah alopesia areata, suatu kondisi ketika sistem imun mulai menyerang akar rambut. Tahap kedua adalah alopesia total, ketika rambut mulai mengalami kerontokan dimulai dari kulit kepala. Tahap terakhir adalah alopesia universal, saat seseorang kehilangan semua rambut dari tubuhnya.

Untuk mencegah kerontokan rambut, cobalah lakukan enam cara mudah di bawah ini:

1. Perhatikan apa yang dimakan.
Vitamin A, B, C dan E sangat penting untuk pertumbuhan rambut baru. Oleh karena itu rajinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan empat vitamin tersebut.

2. Berhenti merokok.
Kandungan yang terdapat dalam rokok sangat jahat bagi tubuh kita dan dapat mengurangi peredaran aliran darah ke kulit kepala yang menyebabkan kerontokan rambut. Ini adalah tantangan besar bagi para perokok. Namun bila ingin kembali memiliki rambut sehat dan kuat, segera tentukan pilihan.

3. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari.
Penelitian membuktikan bahwa sinar UV dapat merusak kulit kepala dan mencegah tumbuhnya rambut yang sehat.

4. Pijatlah kulit kepala secara teratur.
Gunakan minyak zaitun dan jojoba. Ketiga jenis minyak ini dapat membantu pertumbuhan rambut baru.

5. Sampo berbahan alami.
Jangan pernah menggunakan sampo yang mengandung bahan kimia, atau meluruskan rambut maupun mengeringkan rambut dengan pengering rambut. Produk pewarna rambut yang mengandung bahan kimia juga harus dihindari. Jangan mencuci rambut dengan air panas, karena dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh.

Sumber: Prevention Indonesia
Foto: Dok.Nova

Views : 7641

blog comments powered by Disqus