Membership
Lupa password?
Tips

5 Aturan Dasar Menata Hidangan
Senin, 21 September 2009
Tips Foto 21909

Foto: Dok.Nova

Sebelum menyambut para tetamu dan keluarga besar di Hari Raya, tata meja makan Anda dengan aneka dekorasi yang pas dan sesuai dengan hidangan yang Anda sajikan.

Menyajikan dan menata hidangan di atas meja makan boleh dibilang merupakan seni tersendiri untuk menyampaikan maksud tertentu. Salah satu misi utamanya, menjadikan makanan tampak lezat dan menarik sehingga bisa menggugah selera.

Seni membuat makanan tampil cantik ini merupakan salah satu bidang ilmu kuliner, lho! Nah, berikut beberapa aturan dasar yang bisa membantu Anda agar makanan tampil lebih menarik.

#1Manfaatkan Bahan-bahan Yang Bisa Dikonsumsi
Untuk menciptakan dekorasi unik, gunakan sayuran segar yang bisa langsung dikonsumsi. Ingat, beberapa jenis sayuran bila tak dimasak oleh ahlinya akan kehilangan warna aslinya, lho, yang justru diperlukan untuk menarik perhatian.

Kentang dan lobak, contohnya, memiliki komposisi terbaik untuk menciptakan warna putih, dan buah bit untuk warna merah. Daun selada, mint, sayur-sayuran hijau, daun bawang, dan paprika cocok sekali dijadikan batang dan dedaunan hias dalam buket kuliner.

Sementara buah-buahan seperti lemon, jeruk, melon, semangka, atau alpukat bisa ditata dalam keranjang membentuk kapal berwarna segar.

#2Pilih Kombinasi Yang Tepat
Aturan dasar yang berlaku di sini adalah hidangan dan dekorasi yang berperan saling melengkapi dan menyelaraskan satu sama lain. Contohnya, jamur, kentang, dan bunga bisa digunakan sebagai bahan komplementer untuk hidangan daging.

Sedangkan lemon akan mempercantik hidangan yang diolah dari seafood. Apabila membutuhkan bahan-bahan perwarna, gunakan bahan pangan organik. Untuk pewarna alami, gunakan kunyit, paprika, kari, jus bit, pasta tomat, dan mayones. Sementara warna hijau bisa didapat dengan menambahkan potongan sayur ke dalam hidangan.

#3Sederhana Tapi Memikat

Tips Foto 21909 (2)

Foto: Dok.Nova

Untuk memperoleh kesan terbaik, tak harus menggunakan terlalu banyak ornamen. Beberapa hidangan justru akan terlihat lebih cerah secara alamiah, sehingga tak perlu menambahkan dekorasi secara berlebihan. Agar tampilan hidangan juga bisa sedemikian atraktif, gunakan warna-warna kontras.

Warna hijau bisa dihadirkan lewat daun bawang, mentimun, dan aneka jenis sayuran hijau. Warna jingga bisa didapat melalui wortel dan jeruk, warna merah bisa melalui tomat dan bit, sedangkan tampilan warna putih bisa didapat melalui telur rebus dan lobak segar. Pendek kata, batasan yang ada hanyalah imajinasi Anda.

#4Penataan
Saat menata hidangan, pikirkan betul seluruh unsur dekorasi. Contohnya, jangan sampai piring saji malah mengalihkan perhatian dari hidangan yang disajikan. Patokannya, hidangan yang telah didekorasi harus jauh lebih menarik daripada benda-benda lain di sekelilingnya.

Dekorasi pun sebaiknya dibuat secara akurat dengan mengikuti garis-garis bantu yang terarah. Jangan lupa, sebelum mengerjakan penataan, sebaiknya pinggiran piring pun betul-betul dibersihkan dengan seksama.

#5Sejumlah Tips Berharga Lainnya
• Hidangan daging, ikan, dan unggas sebaiknya diolesi minyak, sehingga meninggalkan sentuhan kilau gurih pada kulit keemasannya.

• Bahan-bahan dekorasi untuk hidangan panas sebaiknya disiapkan terlebih dulu. Bahan-bahan ini sebaiknya ditata di atas piring saji secepat mungkin agar hidangan tak lekas dingin.

• Jika ingin memanfaatkan kembali bahan-bahan dekorasi, simpan bahan-bahan tadi sesuai kondisi aslinya agar tak mudah busuk. Kentang dan lobak sebaiknya disimpan di lemari es, karena bila tetap terendam dalam air, akan cepat busuk. Sedangkan bahan dekorasi dari buah bit sebaiknya disimpan dalam larutan cuka.

Lusia

Views : 3547

blog comments powered by Disqus