Membership
Lupa password?
Profil Selebriti

Mulan Jameela Mulan Jameela : Dari Pijat Paha,Tahu Gejrot Hingga Isu Miring
Sabtu, 09 Februari 2008
mulan3-fadil_resize

Fadil

Selain sebagai artis, Mulan Jameela punya sisi-sisi lain sebagai ibu. Ia punya cara untuk mendekatkan diri ke anak-anaknya lewat masakan.
Sebagai wanita, ia juga punya komentar tentang dirinya yang selalu dikaitkan dengan prahara rumahtangga Dhani-Maia.
Di awal tahun ini Mulan Jameela (30), atau dulu dikenal sebagai Mulan Kwok, bertransformasi. Dengan "wajah baru", Mulan ingin mengukuhkan eksistensinya sebagai penyanyi solo, sekaligus mengikis bayang-bayang Mulan sebagai pelengkap duo Ratu bersama Maia Estianty.
Dari segi penampilan, Mulan yang dulu berbusana ala harajuku di Ratu, kini bergaya Timur Tengah. Dari make-up, Mulan mengaku didandani lebih dewasa. Perubahan imej dan karakter ini, kata Mulan, adalah hasil kerjasama dirinya dengan manajemen Rupublik Cinta yang dikomandoi Ahmad Dhani.
Dari semua perubahan itu, mungkin yang paling menarik perubahan nama dengan embel-embel Jameela. "Kami ingin perubahan ini secara total. Dan tambahan Jameela lebih memperkuat perubahan imej itu dan lebih ‘menjual'," kata Mulan beralasan.
Uniknya, nama Jameela itu ditemukan saat penggarapan lagu hits album barunya, Makhluk Tuhan Paling Sexy. "Backing vocal berkali-kali menyebut Jameela, Jameela. Kami semua tersadar nama Jameela bagus kalau dipasangkan dengan nama Mulan, tuh. Artinya juga bagus, berarti cantik," imbuhnya.
Mulan tak mempersoalkan namanya digonta-ganti. Bahkan, ia mengaku sudah lima kali ganti nama. Cerita Mulan, saat lahir di Malambong, Garut (23 Agustus), orangtuanya, R HE Komar-Titi Aisyah, memberi nama Raden Terry Wulansari. Nah, tidak tahu prosesnya, nama yang cukup panjang itu menjadi lebih panjang dengan tambahan Tantri. "Biasalah anak kecil, kan suka tambah-tambah nama. Maka jadilah Raden Terry Tantri Wulansari," ujar ibu dari Tyarani Savitri (7) dan M Rafly Aziz (4,5) ini.
Tapi, entah bagaimana kejadiannya, di akte kelahiran, yang tercantum cuma nama Raden Wulansari. Nama itulah yang dipakai dari SD hingga SMU. Ketika bergabung di Ratu namanya menjadi Mulan Kwok dan kini Mulan Jameela.
Maniak Tahu Gejrot
Perubahan diri itu berdampak konsekuensi lain buat Mulan. Lantaran lagu yang dibawakan bernuansa Arab, maka Mulan pun diwajibkan bisa melakukan gerakan tari perut. Rupanya, gerakan tarian perut tak sederhana yang dibayangkan. Bila salah, badan bisa sakit atau keseleo. Mulan yang jarang berolahraga pun harus melakukan pemanasan dahulu untuk memulainya. "Hari pertama latihan, aku sampai enggak bisa bangun dari tempat tidur. Badan rasanya capek semua," sebut Mulan.
Karena tak ingin terjadi apa-apa dengan dirinya, Mulan amat serius saat latihan menari. Awalnya ia dilatih dua kali seminggu. Kini latihan sendiri. Saat menyanyi konsentrasinya kini terbagi untuk bisa menari perut dengan baik. Kontak dengan penonton pun sering dilakukan Mulan dengan menari sambil menjulurkan tangannya dan berlenggok kesana-kemari.
Mau tidak mau, karena sering menari perut, Mulan sekarang amat perhatian dengan perutnya. Untunglah, meski sudah dua kali bersalin dengan proses normal, perut Mulan terhitung bagus. Pasca persalinan dahulu ia menuruti anjuran ibu dan mantan mertuanya untuk perawatan secara tradisional. Seperti rajin meminum jamu dan mengenakan stagen.
"Jadi, waktu kelahiran anak pertama, baik ibuku maupun mantan mertuaku merawatku dengan ketat. Selama 3 bulan perutku dipasang stagen dengan kencang. Perut juga dibobokin dulu dengan ramuan-ramuan para sesepuh Sunda. Belum lagi setiap hari ada paraji (dukun pijat ) yang datang memijat tubuh. Soal jamu, rasanya luar biasa (pahit, Red). Nah, sekarang aku tinggal memetik buahnya," cerita Mulan sambil tersenyum bangga.
Selain peduli dengan perutnya, Mulan yang merasa tak semolek masa muda dahulu, amat memperhatikan pahanya. Karena ia merasa pahanya terhitung besar dan perlu dikencangkan. Untuk itu, sebelum tidur, Mulan sering mengurut-urut sendiri pahanya dengan krim. Sebab, untuk melakukan di salon atau spa, Mulan mengaku tak punya waktu, lantaran jadwal show yang ketat.
"Aku tuh, malam-malam pakai krim yang bisa menghilangkan lemak. Bukan tidak bersyukur, tapi bagian pahaku kan gede, jadi harus dilangsingkan," sebut Mulan yang terbiasa tidur ditemani kedua buah hatinya.
Sementara, soal bobot tubuhnya, sejak dahulu Mulan tak pernah merasa dipusingkan. Sebab, tubuhnya tak masuk dalam kategori gampang melar. Jika ingin menurunkan berat badan ia cukup beraktivitas yang banyak memakan energi atau tidak makan malam. Cara itu sudah menjadi tradisi di keluarganya. "Dari dulu sampai sekarang, aku paling berat 50 kg. Wah, itu sih sudah gemuk banget," cetus Mulan kini berbobot 45 kg.
Selain itu, Mulan termasuk orang yang tak gampang dipicu nafsu makannya. Mulan sangat pilih-pilih makanan yang ingin dilahapnya. Tapi, ada satu makanan favorit yang tidak bisa ditolaknya. Yaitu tahu gejrot. "Setiap hari ayo aja," seru Mulan.
Sampai pernah, Mulan menginginkan tahu gejrot seperti layaknya orang ngidam. Di suatu malam, dini hari, ia ingin sekali makan tahu gejrot. Hanya itu, yang lain tidak mau. Akhirnya si tahu gejrot itu dicari dengan menjelajahi kota Jakarta. Keberadaan makanan asal Cirebon itu ditemukan di kawasan Monas. Dahaga Mulan pun terlunasi "Meskipun rasanya masih kurang dibandingkan tahu gejrot langgananku. Enggak apa-apalah mumpung mau makan," ujar Mulan.
Untuk kesehatan tubuhnya Mulan telah melakukan terapi air putih. Jika dahulu dalam sehari ia paling banter meminum lima gelas air putih, kini minimal dua liter. Kulit pun dirasakan tidak kering. "Aku langsung minum air putih sejak bangun tidur dan perut lagi kosong. Dua gelas. Pertama-tama sih, aku mual dan mau muntah, tapi sekarang sudah terbiasa," ungkapnya lagi.
Selain air putih, untuk kesehatannya, Mulan rajin makan buah-buahan. Menurutnya, buah-buahan selain menyehatkan tidak membuatnya gemuk. Seperti saat pemotretan di NOVA, Mulan minta dibelikan buah rambutan ke asistennya untuk dijadikan cemilan.
Dan alhamdulillah, kata Mulan, meski terhitung sibuk dan sulit makan, cara makan seperti itu membuat ia jarang sakit.
Siapa sangka, meski selalu terlihat apik dan cantik di atas pentas, Mulan Jameela gemar "kotor-kotaran" di dapur. Jika tak ada show, Mulan memilih dapur sebagai tempat favoritnya. Di tempat itulah Mulan berkutat untuk membuat makanan yang diinginkan.
"Aku kan, orangnya susah makan. Jadinya sering mikir bikin apa ya? Lalu aku bikin makanan untuk menggali nafsu makanku dan anak-anak. Kadang kalau mau cireng (aci goreng), bikin sendiri. Kadang juga bikin sambel terasi sendiri. Soalnya kalau makan, aku harus ada sambel. Kalau pembantu enggak sediain sambel, aku bela-belain bikin dulu," tutur Mulan.
Selain sambel, tempe juga harus ada di meja makan Mulan. Cabe dan tempe pun selalu tersedia di dalam kulkasnya.Mulan bersyukur kedua anaknya satu selera dengannya. Sehingga, apa yang dimasak Mulan, hampir pasti disantap buah hatinya. "Kalau aku tanya Tyara mau makan apa? Jawabnya terserah Bunda. Rafly juga begitu. Dia sih, paling senang makan ikan goreng sampai ikan asin," ujar Mulan sambil tertawa.
Tapi, semenjak punya album nyanyi sendiri, Mulan jadi kesulitan punya waktu untuk memasak di dapur. "Dulu, waktu masih di Ratu, aku masih sempat hampir setiap hari masak untuk anak-anak. Sekarang sudah enggak sempat lagi," akunya.
Kendati demikian, sebagai seorang ibu, Mulan dia selalu menyempatkan diri turun tangan mengolah makanan untuk stock masakan di rumah. Misalnya, dalam menyiapkan bahan empal goreng atau ayam goreng. Daging yang sudah dibeli sengaja dibumbui oleh Mulan untuk siap digoreng.
"Jadi kalau anak-anak mau, tinggal digoreng aja. Aku tuh, kalau masak enggak mau pakai bumbu instan, tapi bumbu yang ‘ribet'. Misalnya, yang pakai lengkuas dan bumbu yang lain. Terus terang, aku paling suka bikin empal gepuk yang banyak bumbunya. Jadi parutan lengkuas dan kelapanya dibanyakin," kata Mulan bersemangat.
Cium Ketiak
Memasak buat anak, menurut Mulan menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan anak-anaknya. Apalagi ia berstatus sebagai single parent. Ia merasa punya tanggungjawab besar untuk mengimbangi pertumbuhan anak-anaknya.
Seperti anak-anak lainnya, Tyara dan Rafly sering merajuk atau protes jika Mulan akan keluar Jakarta untuk show. Tapi syukurlah, Mulan punya cara untuk meluluhkan hati mereka. Biasanya, Mulan membiarkan Tyara dan Rafly menggelendot di tubuhnya, kemudian membiarkan mereka mencium bagian tubuh yang tidak umum. "Anakku tuh, dua-duanya masih suka mencium ketiakku. Malah yang parah lagi, kalau lagi becanda, Rafly sering minta dicium pantatnya. Hahaha... lucu juga, sih."
Yah, sebagai ibu yang melahirkan, Mulan mengetahui sifat kedua anaknya. Si sulung dinilai lebih sensitif dibandingkan adiknya. Meski awalnya susah untuk ditinggalkan, Tyara dan Rafly kini lebih dewasa. "Dengan demikian aku bisa lebih fokus ke karierku. Karena toh, apa yang aku lakukan ini juga untuk mereka," kata mantan istri seorang guru dan pemusik ini.
Demi anak juga, Mulan mulai melakukan investasi. Salah satu bentuk investasinya adalah membeli rumah. Seperti membeli rumah di Pondok Indah yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan. Sebelumnya Mulan pernah membeli rumah di kawasan Bintaro, tapi tidak memuaskan dirinya.
Alasan Mulan membeli rumah di Pondok Indah itu atas dorongan ibunya dan agar dekat dengan manajemen Republik Cinta. "Itu pun karena Mama yang mendorong. Aku tuh, tipe yang harus didorong. Makanya aku paksain beli rumah di Pondok Indah itu, meskipun masih ngutang. Tapi, aku bisa lebih dekat dengan manajemen. Akhirnya malah menjadi kontroversial tersendiri. Banyak orang ngomong rumah itu pemberian atau apalah. Padahal aku beli dengan uang dari hasil keringatku sendiri," papar Mulan yang memilih manajemen Republik Cinta agar bisa fokus dalam meniti karier sebagai penyanyi.
Terbukti, lanjut Mulan, ia cukup nyaman bernaung di Republik Cinta. Ia tak perlu repot-repot lagi mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari penggarapan album, promosi, urusan penampilan, band pengiring hingga deal harga, sudah ada yang mengurus.
"Semua memang ada konsekunsinya. Orang mengira aku masuk manajemen itu karena apalah. Akhirnya aku sekarang pasrah aja. Asal aku benar, aku akan terus melangkah. Orang kan, tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi," ucap Mulan.
Tentang dirinya sering dikait-kaitkan dengan prhara rumahtangga Dhani-Maia, Mulan bersikap biasa-biasa saja. "Tak perlu ada yang ditakutkan dan enggak istimewa. Kalau soal album soloku yang berdekatan dengan Maia, itu kebetulan saja. Kami sudah merencanakannya jauh-jauh hari, kok."

Erni Koesworini

Views : 13378

blog comments powered by Disqus