Membership
Lupa password?
Peristiwa

Sensasi Wisata di Penang
Jumat, 04 Mei 2012
Masjid Kapitan Keling foto hasto

Masjid Kapitan Keling (Foto: Hasto)

Jika Anda tengah mencari tujuan wisata untuk liburan keluarga, Penang bisa menjadi salah satu pilihan. Kenapa?

Penang, berasal dari kata Pinang atau Sirih, merupakan salah satu dari 13 negara bagian Malaysia. Terdiri dari Pulau Penang serta Jika Anda tengah mencari tujuan wisata untuk liburan keluarga, Penang bisa menjadi salah satu pilihan. Kenapa? daratan Provinsi Wellesley, penduduk Penang berjumlah “hanya” sekitar 1,5 juta orang, terdiri dari beragam ras dan etnis. Tanggal 26-29 April lalu, Air Asia Indonesia dan Penang Global Tourism mengadakan Familiarization Trip ke Penang  dengan mengundang wartawan dari beberapa media nasional dan daerah.

Penang merupakan pos Inggris pertama di Asia Tenggara, didirikan tahun 1786 oleh Captain Francis Light dari Perusahaan British East India. Bepergian ke Penang kini jauh lebih mudah dan nyaman, baik melalui udara, darat, maupun laut. Melalui udara misalnya, Air Asia Indonesia menyediakan 2 kali jadwal penerbangan sehari. Transportasi selama di Penang pun tak sulit. Puluhan hotel berbintang juga siap menawarkan akomodasi yang penuh kenyamanan.

Arsitektur Kolonial

Penang memiliki beragam tujuan wisata menarik, mulai wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata medis (medical tourism ). Di ibukota Penang, George Town, misalnya, Anda bisa menikmati indahnya bangunan kolonial yang telah dipugar dan diadaptasi kembali. Arsitektur kota pelabuhan bersejarah ini merupakan campuran indah pengaruh Timur dan Barat yang mencerminkan masyarakat yang beragam dan telah hidup bersama secara harmonis di sana. Tak heran bila sejak 2008, George Town terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO berkat kekayaan sejarah dan budayanya.

Di George Town, Anda bisa menikmati berbagai bangunan warisan kolonial yang masih terawat baik. Beberapa contoh di antaranya adalah Gedung Balai Kota yang dibangun tahun 1903, Benteng Cornwallis, situs sejarah yang menandai pendaratan Captain Francis Light tahun 1786, Kuan Yin Teng atau Candi Goddess of Mercy, Mesjid Lebuh Melayu Acheh, The Cheong Fatt Tze Mansion, dan banyak lagi.

Cicipi Kulinernya!

Pantai Batu Peringgi foto hasto

Pantai Batu Peringgi (Foto: Hasto)

Jika Anda pengin menikmati sensasi wisata lainnya, cobalah berlayar dengan kapal pesiar yang sandar di Penang’s Sweettenham Pier, salah satunya Super Star Libra. Anda bisa memilih paket 2 hari 1 malam, atau paket 4 hari 3 malam menyusuri Phuket dan Krabi di Thailand, berangkat dari Penang. Yang tak kalah seru tentu wisata kulinernya. Penang sejak lama dikenal karena kekayaan khasanah kulinernya yang beraneka macam dengan kualitas yang luar biasa. Bahkan ada istilah, orang Penang dikenal hanya hidup untuk makan! Tak heran bila aneka tempat makan tersedia di segenap penjuru Penang selama 24 jam sehari.

Beberapa jenis makanan khas Penang yang patut dicoba antara lain Nasi Kandar, Penang Laksa, Char Kuey Teow, atau dikenal sebagai mi goreng mawut (yang dihiasi telor, kuah udang dan bawang putih). Yang pasti sudah dikenal tentulah Nasi Lemak, sebuah sajian sarapan pagi khas Malaysia yang dihiasi parutan kelapa, kare ikan sedap, telor rebus dan mentimun.

Tak puas menikmati wisata kuliner, ada baiknya Anda menjelajah daerah pantai dan perbukitan di Penang, salah satunya pantai Batu Ferringhi (Foreigner’s Rock). Selain menikmati panorama pantai, Anda bisa mengunjungi lokasi wisata lain di wilayah ini, di antaranya Tropical Spice Garden. Di sini, terdapat sekitar 500 varietas flora eksotis, rempah, dan fauna. Bagi penggemar kupu-kupu, Penang Butterfly Farm menjadi ilihan tepat. Di tempat ini, terdapat lebih dari 4 ribu kupu-kupu dan berbagai reptil, amfibi dan serangga. Tak perlu cemas soal akomodasi. Puluhan hotel dan resor berjajar di sepanjang pantai Ferringhi dengan berbagai kelebihannya. Salah satunya adalah Tanjung Bunga Beach Resort.

Rekreasi Sambil Berobat

Belakangan ini, wisata medis (medical tourism) menjadi tren dalam perdagangan pariwisata dunia. Malaysia merupakan salah satu dari 5 tujuan wisata medis di seluruh dunia, dan Penang menyumbang lebih dari 70% dari wisata medis Malaysia. Asal tahu saja, sebanyak 40 persen turis medis di Penang berasal dari luar Malasysia, dan yang terbanyak ternyata dari Indonesia!

Ini tak mengherankan, karena rumah sakit swasta di Penang dilengkapi fasilitas medis terbaru dan tenaga medis yang sangat terlatih. Turis medis tertarik berobat ke Penang karena kualitas kesehatan tinggi disertai biaya pengobatan yang terjangkau, serta didukung jaringan rekreasi dan akomodasi bintang lima.

Beberapa perawatan kesehatan yang populer di Penang antara lain bedah kosmetik dan rekonstruksi, ortopedi, bedah umum, dan kedokteran mata. Beberapa rumah sakit unggulan yang bisa menjadi rujukan  wisata tergabung dalam Penang Health Group, yang meliputi 7 rumah sakit swasta unggulan di Penang, di antaranya Gleneagles Medical Center, Island Hospital, Loh Guan Lye Specialists Centre, Pantai Hospital, Penang Adventist Hospital, Mount Miriam Cancer Hospital, dan Hospital Lam Wah Ee.

Jadi, tak ada salahnya memasukkan Penang ke dalam daftar liburan keluarga Anda!

Hasto Prianggoro


blog comments powered by Disqus