Membership
Lupa password?
Peristiwa

Pencurian Mobil dengan Beragam Modus Dibongkar Polisi
Jumat, 30 Agustus 2013
pencuri mobil 01

Foto: Laili

Kasus pencurian mobil baru-baru ini dibongkar oleh Subdit Ranmor Ditreskimum Polda Metro Jaya dibawah kepemimpinan AKBP Arie Ardian, SiK. Pada hari Kamis (29/8) petang, Subdit Ranmor menggelar hasil operasi selama sebulan (sejak bulan Juli) berupa 50 kendaraan berbagai jenis dan merek.

"Ada banyak modus yang dilakukan para pelaku. Namun yang paling umum dilakukan adalah mencuri dengan kekerasan, penggelapan, belokan atau orang yang pura-pura jadi sopir (melamar kepada majikan) lalu mobilnya dibawa kabur, pemalsuan STNK maupun BKPK dimana kendaraan merupakan hasil pencurian," terang Direktur Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Slamet Riyanto , kepada wartawan di halaman Subdit Ranmor PMJ.

Masih menurut Slamet, para pelaku yang dibekuk ini memiliki kelompok masing-masing. "Ada yang pemalsu STNK dan BPKB, ada yang bekerja sendiri, ada yang kelompok pencurian dengan kekerasan, ada yang kelompok penggelapan, mereka ada beberapa kelompok," ujar Slamet menjelaskan.

Adapun ke-11 tersangka yang dibekuk adalah IL, AR, MN, PM, SUP alias BOB, JUN, L T, MOH, HOL, TON, dan YYT.

Kelompok pertama IL, AR, dan MN, merupakan pelaku pencurian mobil New Avanza B 1368 WKL atau B 1468 UZK di Wisma BNI Jl. Jend Sudirman, Kav. 6, Jakarta Pusat pada Jumat (2/8) lalu.

Sedangkan PM (33) adalah mahasiswa yang akan menjual mobil pinjaman di Seven Eleven, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat tanggal 21 Juli 2013. Sedangkan SUP, JUN, L T, MOH, HOL, TON, dan YYT adalah kelompok sindikat pemalsu surat kendaraan bermotor yang diduga merupakan mobil-mobil curian. Kelompok terakhir ini lebih terorganisir dan beroperasi lebih lama, mulai tahun 2012 sampai dengan 2013.
Laili

Views : 510

blog comments powered by Disqus