Membership
Lupa password?
Wanita

Usahakan Jahitan Tetap Kering (2)
Senin, 26 Oktober 2009
periksa hamil fadoli

Foto: Fadoli Barbathully/NOVA

Jika demikian, bagaimana seharusnya memperlakukan jahitan pasca proses melahirkan?
Sebenarnya kasus jahitan overlapping sudah jarang terjadi, ini sangat tergantung skill operatornya. Sekarang, rata-rata jahitan sudah bagus, karena ada tekniknya. Tapi bila memang terjadi, penjahitan bisa diulang setelah periode tertentu.
Soal perlakuan luka jahitan pasca operasi caesar, sebaiknya tidak boleh kena air dulu selama sekitar 1 minggu. Penyembuhan luka sampai kulit menutup diperkirakan kurang lebih 7 hari. Sebaiknya selama masa itu jangan kena air atau basah, karena bisa menyebabkan infeksi.
Setelah 7 hari, perban sudah bisa dilepas dan ibu bisa melakukan aktivitas normal. Untuk merawat bekas jahitan juga bisa pakai salep berkandungan antibiotik. Bila melahirkan per vaginam, jahitan diperlakukan seperti biasa. Hanya perlu dijaga tetap kering.
Prinsipnya, buang air kecil tak apa-apa, tapi setelah buang air kecil harus langsung dikeringkan. Tidak harus setiap buang air kecil pakai pembasuh antiseptik.

Kabarnya jika pasca melahirkan tidak boleh mengejan terlalu keras saat BAB (buang air besar)?
Sebaiknya memang setelah melalui proses persalinan, feses tidak keras sehingga harus mengejan kuat saat BAB. Upayakan dalam 5-7 hari setelah melahirkan tidak mengalami feses yang keras. Ibu dianjurkan memperbanyak konsumsi serat seperti buah dan sayuran. Serta bisa dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan bantuan obat-obatan yang akan menjaga konsistensi feses tak terlalu padat.

Lantas, apakah sebaiknya setelah proses penjahitan tetap melakukan aktivitas normal?
Bila kasusnya persalinan operasi sesaria, aktivitas bisa dilakukan secara bertahap. Memang pasien operasi caesar akan merasakan nyeri seusai operasi untuk waktu yang cukup lama. Ada yang sampai 2 tahun masih nyeri, meski tak terlalu mengganggu.
Biasanya selama 1 minggu usai operasi pasien masih perlu minum obat pengurang nyeri. Tapi, bukan berarti aktivitas harus dihindari. Aktivitas sebaiknya dilakukan bertahap. Misalnya, posisi miring setelah 12 jam dioperasi. Esoknya baru boleh duduk. Jika tak ada masalah, baru bisa jalan kaki pelan-pelan.
Untuk melakukan pekerjaan, bisa diupayakan selepas masa nifas, dimana rahim dan perdarahan sisa sudah bersih dan normal. Dimulai dengan aktivitas biasa dulu. Tapi, ada pula pendapat, 40 hari tak boleh angkat beban berat agar tak mengganggu penyembuhan. Saya setuju, minimal 40 hari baru bisa angkat benda berat.
Bila melahirkan normal, setelah satu hari sudah bisa jalan pelan-pelan. Ini justru baik untuk memperlancar aliran darah, terutama ke area luka. Manfaatnya, luka jadi lebih cepat kering. Asal jangan beraktivitas berlebihan saja.

Setelah melahirkan, beberapa wanita merasa tak nyaman berhubungan intim. Apa kiatnya agar hubungan intim pasca melahirkan tak menyiksa?
Prinsipnya, berhubungan intim bisa dilakukan setelah tak ada lagi darah yang keluar. Biasanya 40 hari atau setelah masa nifas, baru bisa berhubungan intim kembali. Pada beberapa perempuan, setelah melahirkan aktivitas seksualnya tak bisa langsung kembali normal.
Selain secara psikis juga belum siap dan terlalu lelah mengurus bayi, beberapa wanita juga merasa tak nyaman di bekas luka jahitannya. Terutama yang menjalani operasi caesar. Posisi seks yang disarankan, sebaiknya klasik saja. Istri di bawah dan pasif, suami di atas. Sebisa mungkin jangan ada tekanan di perut bawah istri.

Adakah cara mengatasi masalah yang terlanjur terjadi di bekas luka jahitan?
Bila kasusnya keloid, sebaiknya beri tahu dokternya lebih dulu sebelum persalinan. Sehingga dokter bisa sejak awal mengatasi dan mengurangi keloidnya.
Bila terlanjur hasil jahitannya tak bagus, bisa dilakukan sayatan (operasi) ulang. Paling tidak 3 bulan setelah penjahitan, dan jangan coba-coba langsung diperbaiki.
Usahakan penyembuhan luka operasi sudah optimal. Bila belum 3 bulan, hasilnya akan jelek dan bentuknya tak bagus. Luka operasi sebelum 3 bulan, yang terlihat hanya kulit bagian luar yang kering sedangkan bagian dalamnya belum.
Padahal, untuk membuat luka baru di area yang sama, harus membuat sayatan baru agak dalam. Jika dipaksakan, bekas luka operasinya akan tidak bagus.

Laili Damayanti

Views : 21144

blog comments powered by Disqus