Membership
Lupa password?
Wanita

Jenis Pengobatan Kanker Payudara
Rabu, 20 Maret 2013
kemoterapi

Ilustrasi

Kemungkinan pasien bertahan dengan sel kanker pada payudaranya sangat ditentukan sejak awal mula sel kanker itu ditemukan. Menurut The American Cancer Society, 100 persen dari wanita dengan stadium 1 kanker payudara hidup setidaknya lima tahun, dibandingkan dengan wanita tanpa kanker. Pada stadium 4, tingkat kelangsungan hidup lima tahun relatif menurun hingga 20 persen.

Ada beberapa jenis pengobatan dan perawatan yang bisa dilakukan untuk pasien kanker payudara. Yakni:

Bedah

Ada banyak jenis operasi kanker payudara, dari mengeluarkan benjolan (lumpectomy atau operasi konservasi payudara) hingga menghapus seluruh payudara (mastectomy). Anda bisa membahas ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan energi sinar yang tinggi untuk membunuh sel-sel kanker. Biasanya digunakan setelah operasi kanker payudara untuk menghapus sel-sel kanker yang masih tersisa. Atau bisa juga digunakan bersamaan kemoterapi untuk pengobatan kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Efek samping bisa termasuk kelelahan dan pembengkakan atau perasaan terbakar sinar matahar.

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan pengobatan untuk membunuh sel-sel kanker di mana saja di tubuh. Obat-obatan yang sering diberikan adalah jenis IV, namun kadang-kadang diambil melalui mulut atau ditembak. Kemoterapi dapat dilakukan setelah operasi untuk menurunkan kemungkinan kanker datang kembali. Pada wanita dengan kanker payudara stadium lanjut, kemoterapi dapat membantu mengendalikan pertumbuhan kanker. Efek sampingnya rambut rontok, mual, kelelahan, dan risiko tinggi infeksi.

Terapi Hormon

Terapi hormon adalah pengobatan yang efektif bagi wanita dengan kanker payudara ER-positif atau PR-positif. Ini adalah kanker yang tumbuh lebih cepat dalam menanggapi hormon estrogen atau progesteron. Terapi hormon dapat memblokir efek ini. Hal ini paling sering digunakan setelah operasi kanker payudara untuk membantu menjaga kanker datang kembali. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kemungkinan kanker payudara berkembang pada wanita yang beresiko tinggi.

Obat Bertarget

Terapi (obat) bertarget adalah obat baru yang menargetkan sifat tertentu dalam sel-sel kanker. Sebagai contoh, wanita dengan HER2-positif kanker payudara memiliki terlalu banyak protein yang disebut HER2. Terapi target obat dapat menghentikan protein ini dari mempromosikan pertumbuhan sel kanker. Obat ini sering digunakan dalam kombinasi dengan kemoterapi. Mereka cenderung memiliki efek samping lebih ringan dibandingkan dengan kemoterapi.

Rekonstruksi Payudara

Banyak wanita yang mengidap kanker payudara dan memilih mengamputasi payudaranya melakukan operasi rekonstruktif. Operasi ini bertujuan menggantikan kulit, puting, dan jaringan payudara yang hilang selama mastektomi. Rekonstruksi bisa dilakukan dengan implan payudara atau dengan jaringan dari tempat lain di tubuh Anda, seperti perut. Beberapa wanita memilih untuk memulai rekonstruksi pada saat yang sama dengan mastektomi mereka. Tapi ada juga yang memilih bedah rekonstruksi di bulan atau tahun berikutnya.

Penggalangan Dana untuk Penelitian

Setiap tahun, dokter terus mencari pengobatan yang lebih efektif dan ditoleransi untuk kanker payudara. Pendanaan untuk penelitian ini berasal dari berbagai sumber, termasuk kelompok-kelompok advokasi di seluruh negeri. Banyak dari 2,5 juta penderita kanker payudara dan keluarga mereka memilih untuk berpartisipasi dalam acara penggalangan dana. Ini menghubungkan setiap perjuangan individu melawan kanker menjadi upaya bersama untuk kemajuan.

Ester Sondang


blog comments powered by Disqus