Membership
Lupa password?
Wanita

Cairan Vagina Bau Amis
Minggu, 29 Agustus 2010

Saya (26) ibu seorang bayi berusia 9 bulan. Setelah melahirkan anak pertama, cairan yang keluar dari vagina saat berhubungan intim terkadang berbau amis. Apa penyebabnya, Dok? Padahal setelah buang air kecil saya selalu keringkan vagina dengan tisu agar tak lembap. Selain itu, kadang muncul bintik seperti jerawat dan terasa gatal. Saya pernah menggaruknya sehingga lecet. Tapi kadang bintik itu hilang sendiri. apakah ini pertanda penyakit? Bagaimana mengatasinya? Atas penjelasan Dokter, saya ucapkan terima kasih.

Ayu ­- Klaten

Dari cerita Ibu, tampaknya telah terjadi infeksi di daerah vagina dan mulut rahim. Sebaiknya Ibu berkonsultasi pada dokter kandungan untuk memeriksa organ kandungan. Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain biakan kuman dari vagina dan uji Pap's smear pada mulut rahim. Dari biakan kuman akan diketahui jenis kuman yang ada dan obat apa yang cocok. Sedangkan dari Pap's smear akan diketahui perubahan abnormal dari sel-sel permukaan dan saluran mulut rahim. Cairan yang berbau amis itu abnormal, apalagi bila warnanya kehijauan atau mengandung darah.

Pencegahan juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan, misalnya jangan sembarangan memakai air untuk membersihkan kelamin pascaberkemih, buang air besar, atau pascahubungan intim. Biasakan sebelum berintim-intim mandi dulu dan setelahnya cuci bersih dengan air mengalir. Kertas tisu mengandung zat pemutih yang mungkin saja menimbulkan efek negatif bagi kulit.

Mengenai bintik-bintik kecil seperti jerawat biasanya disebabkan infeksi bakteri pada kelenjar rambut atau kelenjar keringat. Bila seperti melepuh, mungkin Ibu terkena infeksi virus herpes. Sebaiknya Ibu berobat ke dokter kandungan, melakukan biakan kuman dari vagina, dan mungkin memeriksa darah untuk melihat apakah Ibu sudah terkena virus herpes. Terima kasih banyak atas pertanyaannya.

Views : 9408

blog comments powered by Disqus