Membership
Lupa password?
Umum

Yuk, Senam Diabetes! (1)
Kamis, 25 November 2010
Inner Thight with Ball

Foto: Eng Naftali

Bagi Anda penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah akan semakin maksimal dengan olahraga tepat. Tilik saja beberapa gerakan senam diabetes berikut!

Penderita diabetes memang wajib menjaga kondisi kadar gula darah tetap terkontrol. Di samping tetap menjalani diet indeks glikemik rendah dan mengonsumsi obat-obatan, latihan juga bisa membuat kadar gula terkontrol.

Lakukan latihan yang bersifat aerobik atau latihan dengan gerakan sederhana, ringan, berulang, intensitas cukup dan waktu yang cukup panjang. Latihan ini memberikan pembakaran energi secara kontinyu dan menurunkan kadar gula darah secara bertahap dalam waktu/durasi yang panjang.

Umumnya senam diabetes bisa dilakukan dalam durasi 30 menit hingga 1 jam. Latihan ini memiliki target heart rate  50 persen hingga 70 persen untuk segala usia dan dapat dilakukan 3 hingga 6 kali seminggu. Bagi yang belum terbiasa berolah raga, latihan bisa dimulai dengan 2 kali seminggu dan ditingkatkan frekuensinya sebulan kemudian.

Inner Thight With Ball

Ambil posisi duduk di bangku sehingga lutut membentuk sudut 90 derajat. Letakkan bola karet di antara paha.

Kunci perut lalu hembuskan nafas sembari menekan bola dengan lutut sekuat tenaga. Ulang hingga 6 kali lalu istirahat sebentar. Lakukan hingga 3 set.

Side Kick Straight Leg

Tidur menyamping di atas matras, kepala bersandar pada tangan. Tekuk kaki yang berada di bawah ke belakang dan luruskan kaki yang di atas sejajar tubuh. Upayakan telapak kaki tetap flex . Angkat kaki yang berada di atas sejauh yang dimampu, lalu turunkan. Ulang gerakan hingga 6 kali, lakukan dalam 3 set.

Leg Curl

Tidur dalam posisi tengkurap dan kedua kaki lurus ke belakang. Kenakan gelang beban pada pergelangan kaki. Angkat kaki kanan perlahan hingga posisi telapak kaki berada di atas, lakukan pula untuk belahan kaki yang satunya. Ulang hingga 6 kali bergantian, lakukan dalam 3 set.

Laili Damayanti, Narasumber: dr. Michael Triangto, Sp KO, Foto: Eng Naftali, Model : Fen Fen, Lokasi: Slim + Health Sport Therapy Mall Taman Anggrek Lt.1 F1#172 Jl. Letjen S. Parman Kav. 21 Jakarta (021-563 9549)


blog comments powered by Disqus