Membership
Lupa password?
Umum

Ramuan Pencegah Bau Mulut
Selasa, 10 Juli 2012
Ramuan TCK

Foto: Getty Images

Ada banyak penyebab bau mulut. Makanan dan minuman mempunyai andil dalam memicu munculnya “bau naga” ini. Ada resep tradisional yang dapat mengatasi bau mulut. Apa sajakah?

1 Pinang (Acacia catechu W.) dan daun beluntas (Pluchea indica L.)

Bahan-bahan:
5 gr pinang muda (Acacia catechu W.)
5 gr garam dapur, dan
30 gr daun beluntas (Pluchea indica L.)

Cara membuat:
Rebuslah semua bahan di atas dengan air secukupnya. Kemudian, untuk penggunaannya, minumlah 3 kali sehari dan lakukan beberapa hari seperti minum teh.

2 Sirih (Piper betle L.)

Bahan-bahan:
Beberapa lembar daun sirih (Piper betle L.)
Air untuk merebus

Cara membuat:
Pertama-tama kita cuci bersih beberapa lembar daun sirih (Piper betle L.) lalu rebus menggunakan 1,5 gelas air. Tunggu sampai menjadi dingin, air rebusan ini digunakan untuk berkumur setelah gosok gigi. Jika ingin lebih maksimal dalam menghilangkan bau mulut, ambil 10-15 lembar daun sirih merah yang telah dicuci bersih, rebus dengan air 400 cc (dua gelas air) hingga tersisa 200 cc, lalu saring. Selagi hangat, gunakan air untuk berkumur-kumur setelah makan.

3 Cengkih (Syzigium aromaticum L.)

Bahan-bahan:
3-5 bh bunga cengkih (Syzigium aromaticum L.)
Air untuk merebus

Cara membuat:
Pertama, seduh dengan air secukupnya lebih kurang 5 menit, lalu dinginkan. Gunakan air ini untuk berkumur. Atau Anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu ambil beberapa butir cengkih (Syzigium aromaticum L.) kering. Tumbuk sampai hancur, rendam dalam segelas air hangat. Setelah 30 menit, airnya dapat digunakan untuk berkumur.

Sedangkan, jika Anda mengalami bau mulut setelah makan makanan yang baunya menusuk hidung, cara mengobatinya hanya dengan makan kopi (Coffea arabica L.) bubuk secukupnya, lalu minumlah air matang.

Sumber: DR. Trifena, Msi (Herb.Est)


blog comments powered by Disqus