Membership
Lupa password?
Umum

Ciri-ciri Tifus Ringan
Senin, 02 Agustus 2010

Anak saya usia 1 tahun 5 bulan, BB 13 kg dengan TB 83 cm. Dia sangat lincah dan aktif. Suatu hari tiba-tiba panas di sore hari, sekalipun sudah diberi obat penurun panas, malam hari panasnya mencapai 39 derajat Celcius. Tapi anehnya pagi hari hingga siang cuma hangat saja, tidak panas seperti malam hari. Saat diberi makan dia selalu menolak dan menunjuk sambil menyebut sakit-sakit di daerah mulut. Ternyata dia mengalami sariawan dan lidahnya putih sekali. Dok, apakah ini tanda-tanda tifus? Harus cek darah atau diopname? Sebab menurut dokternya ini gejala tifus yang ringan dan bisa diatasi dengan obat. Bagaimana ini Dok, sebab setahu saya seseorang dipastikan terkena tifus atau tidak setelah menjalani pemeriksaan lab? Mohon penjelasan dan terima kasih sebelumnya.

Indah - Jakarta

Lidah yang putih besar kemungkinan disebabkan oleh jamur jenis kandida. Biasanya berbentuk bercak bercak putih dan meluas ke pipi bagian dalam.

Demam tifus juga mengakibatkan lidah berselaput dan tampak agak kotor (coated tongue ). Tifus jarang dijumpai pada usia seumur anak Ibu tapi bukan berarti tidak mungkin. Kepastian tifus didapat dari biakan darah yang hasilnya baru bisa diperoleh setelah seminggu. Mengingat hal ini, Dokter yang memeriksa putra Ibu mungkin baru menduga ada kemungkinan tifus dilihat dari gejala yang ada dan memberinya obat. Tifus pada anak umumnya ringan dan cukup dengan berobat jalan saja seperti yang dikatakan dokter Ibu.

Views : 4487

blog comments powered by Disqus