Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Sisa-sisa Operasi sesar
Jumat, 17 Desember 2010

Saya mau menanyakan beberapa hal mengenai istri saya:

1. Istri saya melahirkan anak pertama melalui operasi sesar 3 bulan yang lalu. Sampai saat ini rahimnya masih terasa sakit & kadang terasa panas seperti terbakar. Apakah itu masih luka? Berapa lama luka tersebut biasanya sembuh?

2. Ada yang menyarankan agar istri saya mengonsumsi obat tradisional dari Cina berupa pil untuk mempercepat proses penyembuhan. Apakah itu bisa digunakan?

3. Selama 3 bulan tersebut istri saya pernah keluar bercak darah berwarna cokelat. Tapi hanya sedikit (2 hari) setelah itu tidak ada. Apa itu menstruasi? Tapi kenapa tidak merah pekat dan banyak?

4. Jenis KB apa yang cocok setelah sesar dan berapa lama jarak yang aman untuk hamil lagi? Apakah bisa normal dan tanpa harus disesar?

Terima kasih sebelumnya, saya tunggu jawabannya.

D.A. Salman - Jakarta

Nyeri pasca operasi merupakan efek samping yang harus diderita oleh mereka yang pernah menjalani operasi, termasuk bedah sesar. Nyeri tersebut dapat disebabkan oleh perlekatan-perlekatan antarjaringan akibat operasi. Nyeri tersebut hampir tidak mungkin dihilangkan 100%, Ibu akan mengalami nyeri atau gangguan, terutama bila aktivitas berlebih atau melakukan gerakan kasar yang tiba-tiba. Bila nyeri tersebut mengganggu, Ibu dapat meminta obat penghilang rasa sakit atau melakukan fisioterapi.

Penyembuhan luka operasi, terutama dinding rahim diperkirakan paling cepat 3 bulan dan ada yang hingga 9 bulan, sehingga persalinan berikutnya disarankan setelah satu tahun usia anak Ibu. Bila kehamilan berikutnya berjarak kurang dari satu tahun, maka persalinan tersebut dilakukan melalui bedah sesar. Jarak ideal untuk hamil berikutnya adalah 2-4 tahun.

Dalam tiga bulan pertama, luka dinding rahim belum sembuh benar sehingga dapat terjadi perdarahan bercak bila rahim berkontraksi berlebihan, misalnya karena Ibu mengangkat beban yang terlalu berat, mengedan terlalu kuat saat buang air besar, atau ada infeksi (darah yang keluar berbau dan disertai nyeri perut bagian bawah). Mengenai obat-obat Cina saya tidak dapat menjawab karena saya tidak belajar tentang hal tersebut.

KB yang cocok harus dicoba dulu, misalnya memakai pil atau spiral. Bila Ibu disiplin, saya menganjurkan pemakaian pil KB. Bila sering infeksi, jangan memakai spiral. Terima kasih atas pertanyaannya.


blog comments powered by Disqus