Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Sariawan Menjelang Haid
Rabu, 27 Oktober 2010

Saya (30) ibu dua anak dengan BB 58 kg TB 167 cm. Hampir tiap bulan saya sariawan. Kenapa ya, Dok? Apakah karena kekurangan vitamin atau karena pengaruh hormon? Soalnya saya mengalami sariawan beberapa hari sebelum menstruasi. Bagaimana cara mencegahnya? Apa saja yang harus saya konsumsi? Bagaimana mengatur menu sehari-hari agar dapat mencukupi kebutuhan vitamin C? Demikian Dok. Terima kasih atas penjelasannya

Rini ­- Denpasar

Ibu Rini di Denpasar, saya dapat memahami gangguan yang Ibu rasakan yaitu adanya sariawan yang datang hampir tiap bulan. Sepanjang yang saya ketahui, sariawan tidak ada kaitannya dengan siklus hormonal atau datangnya menstruasi. Sariawan timbul karena adanya peradangan pada selaput lendir rongga mulut yang menyebabkan terjadinya luka pada gusi, selaput lendir mulut dan langit-langit sehingga menimbulkan rasa nyeri terutama saat makan.

Pada saat sedang menderita sariawan dianjurkan agar Ibu mengonsumsi makanan yang berkuah tanpa bumbu-bumbu yang terasa pedas dan banyak minum. Selain itu, perbanyak makan jeruk atau buah-buah lain yang asam supaya dapat merangsang produksi air ludah sehingga memudahkan proses menelan makanan. Buah yang asam juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Sebagai upaya pencegahan, dianjurkan untuk menjaga kebersihan rongga mulut terutama setelah makan dan ngemil . Dari data BB dan TB Ibu tampaknya Ibu sudah dapat mengatur menu sehari-hari dengan baik dan tidak terlalu terganggu dengan sariawannya karena saat ini kondisi gizi Ibu sudah cukup ideal.


blog comments powered by Disqus