Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Rambut Rontok Karena Menyusui?
Jumat, 03 Desember 2010

Saya (29 tahun) melahirkan 4 bulan yang lalu. Sebelum hamil BB saya 58 kg lalu selama hamil naik hingga mencapai 63 kg. Sekarang ini BB saya 50 kg dengan tinggi badan 157 cm. Setelah bayi saya berumur 4 bulan saya mengalami kerontokan rambut yang sangat banyak. Padahal sebelumnya tidak pernah. Saya sudah memakai sampo untuk rambut rontok, tapi tetap saja rambut saya berguguran.

Dok, apakah ini ada hubungannya dengan kekurangan gizi mengingat sekarang ini saya sedang menyusui? Zat gizi apakah yang harus saya perbanyak agar rambut saya tidak rontok lagi? Saya tunggu jawaban Dokter dan terima kasih banyak atas jawabannya.

Ririn ­- Bandung

Ibu Ririn di Bandung, selamat atas kelahiran bayinya. Saat ini Ibu memiliki status gizi yang memadai, sehingga saya dapat menyimpulkan selama ini Ibu sudah mengonsumsi makanan yang mencukupi jumlah kalorinya.

Mengenai kerontokan rambut, keluhan ini tidak saja sering dikeluhkan oleh ibu yang sedang menyusui, namun juga sering dikeluhkan oleh wanita pada umumnya. Keadaan kurang gizi memang juga menyebabkan rambut jadi mudah rontok, terutama pada kekurangan asupan protein. Namun untuk mereka yang status gizinya masih memadai, penyebab lain perlu juga diwaspadai. Mungkin perawatan rambut perlu dilakukan dengan memberikan nutrisi rambut dari luar selain dengan menjaga kebersihan rambut.

Views : 1579

blog comments powered by Disqus