Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Pengapuran Plasenta
Senin, 23 Agustus 2010

Dok, beberapa waktu lalu saya (26) melahirkan anak pertama dengan cara sesar karena ada pengapuran pada plasenta di usia kehamilan minggu ke-41. Yang ingin saya tanyakan, apa saja penyebab pengapuran plasenta?Pada kehamilan trimester kedua, tulang dada saya terasa sakit. Kata dokter itu terjadi karenajanin menyerap banyak kalsiumsehingga saya perlu mendapat tambahan kalsium. Padahal saya minum susu khusus ibu hamil sejak awal kehamilan. Sebagai informasi, saya ikut senam hamil dan jalan pagi meskipun tidak setiap hari. Saya juga tipe orang yang banyak berkeringat, tapi rasanya saya cukup minum air putih (kira-kira 2,5 l/hari). Sebelumnya terima kasih atas perhatian dan jawaban Dokter.

Nazz - Jakarta

Pengapuran pada plasenta normal terjadi. Pada pemeriksaan USG tampak sebagai bercak putih yang tersebar dari dasar plasenta hingga permukaannya.

Pengapuran tersebut diklasifikasikan dengan derajat maturasi (kematangan) plasenta dan ini berkaitan dengan kondisi kesehatan ibu, janin, dan plasenta itu sendiri. Derajat maturasi ini tidak berkaitan dengan umur kehamilan. Pada kehamilan 41 minggu merupakan hal yang normal bila terdapat gambaran derajat maturasi III.

Saya tidak tahu apakah penyebab pasti Ibu harus menjalani operasi sesar karena hanya dokter Ibu yang tahu. Nyeri pada tulang dada biasanya disebabkan oleh perubahan kelenturan persendian akibat pengaruh hormon kehamilan dan aktivitas fisik yang dilakukan. Penyebab lain mungkin saja terdapat trauma pada otot atau kelainan organ di daerah dada.

Bila keluhan Ibu menetap, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ulang yang lebih teliti lagi atau bila perlu dilakukan konsultasi dengan spesialis lain, misalnya spesialis penyakit dalam. Senam hamil baik bagi kesehatan Ibu dan janin, jadi lakukan secara teratur, setiap hari lebih baik karena akan menjaga kesehatan Ibu. Ibu hamil kira-kira memerlukan cairan dua liter per hari, komposisinya sebaiknya terdiri dari air putih, susu, dan jus buah-buahan. Terima kasih atas pertanyaannya.

Views : 6103

blog comments powered by Disqus