Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Obat Keputihan Berdampak Pada Kehamilan?
Sabtu, 30 Oktober 2010

Saya (25) ibu dua orang putra yang saat ini sedang mengandung anak ketiga usia 7 bulan. Sejak kehamilan bulan ketiga sampai sekarang, saya mengalami keputihan berwarna kuning kehijauan, agak kental, gatal tapi tidak berbau. Pernah konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan diberi obat namanya Diflucan dosis sekali minum diberi 2 kapsul untuk saya dan suami.

Ketika saya mencari keterangan tentang obat tersebut di buku ISO (informasi Spesialite Obat Indonesia) disebutkan agar ibu hamil yang mengonsumsinya supaya berhati-hati. Makanya saya jadi ragu-ragu minum, khawatir kalau berdampak merugikan pada janin. Tolong dijelaskan, apa efek samping yang bisa muncul dari obat ini terhadap kehamilan? Benarkah trimester ketiga merupakan waktu yang aman untuk mengonsumsinya? Atas jawaban Dokter saya ucapkan terima kasih. Oh ya Dok, satu lagi pertanyaan saya. Apa nama obat cacing (kremi) yang aman bagi ibu hamil? Sekali lagi terima kasih.

Dewi Puspa Sari - Banjarmasin

Keputihan yang Ibu alami sudah abnormal dan memerlukan penanganan yang baik dan benar. Lakukan pemeriksaan kuman dari cairan vagina Ibu. Hal ini penting agar pengobatannya menjadi rasional dan Ibu dapat segera sembuh tanpa membahayakan janin. Penyebab keputihan bisa karena bakteri, jamur (kandida albikans), virus, atau parasit.

Obat diflucan merupakan obat antijamur yang berisi fluconazole dan bila diberikan pada wanita hamil atau ibu menyusui harus sangat hati-hati, artinya setelah memperhatikan untung rugi dan keamanan obat tersebut bagi ibu dan janin. Semakin tua usia kehamilan, semakin aman obat itu diberikan. Sayangnya tidak ada penelitian mengenai pemberian fluconazole yang boleh dilakukan pada ibu hamil karena dapat berbahaya atau merugikan. Penelitian yang ada terbatas pada hewan percobaan dan manusia tidak hamil.

Mengenai infeksi cacing kremi (oxyuriasis ), juga tidak sembarangan obat dapat diberikan. Hal penting yang harus dilakukan adalah mendiagnosis apakah Iibu memang menderita penyakit cacing tersebut. Setelah diagnosisnya pasti, baru kemudian dapat diberikan obat cacing. Obat yang dapat diberikan misalnya pyrantel pamoate dosis tunggal. Dengan catatan, harus hati-hati sewaktu diberikan kepada wanita hamil. Terima kasih atas pertanyaannya.

Views : 5937

blog comments powered by Disqus