Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Leukosit Tinggi
Selasa, 19 Oktober 2010

Putri saya (14 bulan) memiliki BB 11,3 kg dan TB 86 cm, tak pernah mengalami sakit berat. Baru-baru ini, setelah menjalani beberapa kali pemeriksaan darah, diketahui hasilnya berkisar sebagai berikut:

* Dalam keadaan sehat: HB: 13,7 gr%; Leukosit: 20.600/mm3; Trombosit: 347.000/ mm3; Hematokrit: 40%

* Dalam keadaan sakit: HB: 12,3 gr%; Leukosit: 25.100/mm3; Trombosit: 399.000/mm3; Hematokrit: 36%

Yang ingin saya tanyakan, dengan jumlah leukosit yang melebihi standar pada umumnya, apakah pengaruh dan akibatnya bagi kesehatan putri saya? Perlu Dokter ketahui, semasa neonatal, kadar bilirubinnya mencapai 8,61 mg/dl dan hemoglobinnya 11,8 gr/dl, lalu menjalani terapi sinar dan transfusi darah. Apakah ada hubungannya dengan kelebihan jumlah leukosit tersebut di atas? Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Roni  -­ Cimahi

Kadar leukosit yang normal untuk anak berkisar 5.000 hingga 15.000/ mm3. Kadar yang agak tinggi biasanya disebabkan oleh infeksi, umumnya bakteri. Kita tak boleh menginterpretasi hasil lab tanpa melihat kondisi anaknya karena tanpa pemeriksaan fisik terhadap si anak, interpretasi terhadap hasil lab saja tak akan memadai.

Kondisi saat bayi seperti penyinaran, kadar bilirubin dan hemoglobin, saya kira tak ada pengaruhnya terhadap kadar leukosit sekarang. Jadi, sebaiknya interpretasi dilakukan oleh dokter anak yang memeriksanya. Jika memang ada infeksi perlu diobati. Jika tak ditemukan tanda-tanda infeksi dan leukosit tetap agak tinggi, namun hasil darah yang lain masih normal, tak perlu dikhawatirkan.


blog comments powered by Disqus