Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Keringat si Kecil Berlebih
Rabu, 29 Juli 2009

Dokter Waldi yang baik,


Anak saya laki-laki usia 3 tahun, berat 10 kg dan tinggi 86 cm. Apakah anak saya termasuk normal? Anak saya agak susah makan, tapi sangat suka sekali minum susu formula. Sehari bisa 3-4 kali. Secara fisik dia kelihatannya sehat dan baik-baik saja.


Bila saat sedang bermain atau banyak beraktivitas, telapak tangan dan kakinya suka basah atau banyak berkeringat. Badannya sih tak terlalu berkeringat. Apakah itu menandakan anak saya mengidap penyakit dalam tertentu? Saya pernah ke dokter anak dan menanyakan soal keringat berlebihnya ini, menurut dokternya ada gangguan hormonal dan psikologis. Mohon penjelasannya, terima kasih.

Ny. Nova – Medan

Ibu Nova di Sei Sikambing,

Untuk usia 3 tahun, beratnya kurang Bu, mestinya sekitar 14-15 kg, juga tingginya ada pada batas terbawah rata-rata anak 3 tahun kalau merujuk pada grafik berat dan tinggi badan yang dikeluarkan WHO 2006, yang saat ini juga dipakai Ikatan Dokter Anak Indonesia. Grafik ini dapat diunduh dari www.who.int/childgrowth/standards/en/.


Saya pikir ada baiknya pembaca yang masih punya anak kecil memiliki grafik ini untuk melengkapi grafik berat/tinggi badan yang biasanya ada pada buku kesehatan milik anak yang didapat dari rumah sakit tempat anak dilahirkan – yang sayangnya kebanyakan sudah kadaluwarsa (karena sudah tercetak tahunan yang silam).


Sepertinya ada banyak yang perlu saya korek untuk mengetahui mengapa berat dan tingginya di bawah rata-rata, sayang cerita Ibu amat singkat. Sebenarnya makin banyak data/cerita makin enak kita membahasnya.


Dengan melihat grafik pertambahan berat dan tinggi badan yang (mudah-mudahan) ada digambarkan sepanjang 3 tahun ini (yang digambar setiap Ibu berkunjung ke dokter atau rumah sakit atau posyandu sekali pun), mungkin dapat dikira-kira apa sebab berat atau tingginya tidak sesuai dengan rata-rata. Juga belum jelas dengan pernyataan Ibu bahwa anak Ibu susah makan.


Susah makan apa ya? Jangan-jangan susah makan nasi, tetapi sebenarnya doyan ubi. Banyak sekali sebab mengapa anak susah makan: jenis hidangannya, jumlahnya, suasana ketika makan, dan lain-lain. Harus pandai-pandai menetapkan kapan anak saatnya makan, sebab anak akan merajuk bila sedang nikmat lari ke sana kemari tiba-tiba dipanggil untuk siap makan tertib di meja.


Kompensasi (karena tidak mau makan) dengan susu tidak begitu baik, karena susu bukan makanan, melainkan minuman. Perut kita didesain untuk menerima makanan, mengunyah dan menggiling, dan itu perlu dilatihkan. Jangan-jangan keluarga juga yang menyodorkan susu lantaran anak ogah makan, sebab kasihan kalau ia lapar.


Telapak tangan dan kaki banyak mempunyai kelenjar keringat. Dalam keadaan tertentu produksi keringat bisa berlebih, misalnya ketika beraktivitas atau ada stres fisik. Untuk usia 3 tahunan kok rasanya belum ada unsur psikologis yang sanggup membuatnya berkeringat.


Kelainan hormon dan syaraf juga bisa menimbulkan keringat berlebih, tetapi tak hanya sebatas tangan dan kaki saja. Sudahkah dokter ibu menjelaskan kelainan apa kira-kira yang mendasari keringatnya yang berlebihan itu?


Ada yang begitu banyak produksi keringat di telapak tangannya (hiperhidrosis) sehingga tangannya betul-betul basah dan bisa meneteskan keringat. Hal ini bisa mengganggu pergaulannya, karena mungkin setiap orang yang diajak bersalaman akan kaget menerima tangan yang basah.


Bila benar-benar keringat amat banyak, ada beberapa cara untuk menghentikannya atau menguranginya. Yang paling gampang dan lazim adalah selalu membawa saputangan dan menggenggamnya ke mana pergi.


Ada pula yang mengolesi tangan dengan larutan tertentu (aluminum chloride hexahydrate) atau mengalirinya dengan arus listrik tertentu (iontoforesis) untuk mematikan sel keringat, bahkan ada yang memerlukan operasi di bagian dada/leher (simpatektomi, pilihan terakhir). Saya duga masalah keringat pada anak Ibu tak sampai sejauh ini.


Saya sarankan Ibu kembali ke dokter Ibu untuk memeriksakan berat dan tinggi anak Ibu sambil mencari lebih jauh apakah ada keterkaitan antara berat badannya yang belum cukup itu dengan keringatnya yang berlebihan, walaupun saya menduga belum ada kaitannya. Pemeriksaan darah atau penunjang lainnya untuk mencari sebab mengapa berat dan tingginya kurang rasanya patut dilakukan.

Asuhan: Dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A


blog comments powered by Disqus