Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

KB Sebabkan ASI Encer
Kamis, 09 Desember 2010

Dokter Judi yang terhormat, saya (24) dengan BB 50 kg dan TB 155 cm. Anak saya berusia 2 bulan. Usai nifas saya langsung menggunakan KB suntik 1 bulan. Di bulan berikutnya ternyata ASI saya encer dan volumenya sedikit. Apakah itu efek dari KB? Benarkah ASI encer dan tidak kental pertanda tidak berkualitas? Padahal saya sudah mengonsumsi sayuran, kacang-kacangan, bahkan saya rajin minum susu khusus menyusui. Apakah asupan gizi bayi jadi berkurang? Saya bertekad memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Tolong Dok, saya butuh jawabannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Neneng Nurhasanah ­- Tangerang

KB suntik yang Ibu pergunakan apa namanya? Karena ibu menyusui harus memakai KB khusus agar produksi ASI-nya tidak terganggu. KB suntik yang dianjurkan adalah DMPA dan diberikan setiap 3 bulan. Kualitas ASI sangat bergantung pada kecukupan gizi dan minum Ibu, kesehatan Ibu dan bayi, seberapa sering Ibu menyusui, tidak memberikan susu botol (apalagi dengan dot) dan peranan suami. Kekentalan atau keenceran ASI akan diatur sendiri oleh tubuh Ibu dan ini telah disesuaikan secara alami untuk kebutuhan spesifik bayi Ibu. Artinya, setiap ASI itu adalah khas dibuat untuk bayi pada waktu tertentu sesuai kebutuhannya.

Syarat memberikan ASI eksklusif adalah tidak memberikan makanan atau minuman tambahan kepada bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan, menjalankan rawat gabung, memberikan ASI setiap saat bayi memerlukan, dan melakukan pemberian ASI dengan benar (posisi mulut bayi dan puting susu harus tepat, ada kontak kulit bayi dengan kulit ibu, suasana menyusui nyaman dan aman, dan lain-lain). Ibu bisa membeli buku panduan menyusui secara eksklusif di toko buku terkemuka. Terima kasih atas pertanyaannya.

Views : 1883

blog comments powered by Disqus