Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Gigi Tonggos dan Keluar Masuk
Kamis, 07 April 2011

Umur  anak saya 1 tahun 4 hari dengan BB 9 kg dan TB 72 cm. Anak saya sudah punya gigi 2 di atas dan 2 di bawah. Namun gigi atasnya renggang. Yang ingin saya tanyakan, apa yang menyebabkan gigi bisa tonggos ke depan? Apakah kebiasaan mengempeng memberi pengaruh? Lalu, apa yang menyebabkan gigi tidak beraturan. Ada yang ke dalam dan ada yang keluar. Demikian yang saya lihat pada gigi atas anak saya. Gigi pertama agak masuk ke dalam.

Apakah keadaan gigi tonggos dan gigi keluar-masuk akan terus berlanjut pada saat gigi tetapnya tumbuh? Adakah cara untuk mengatasinya? Terima kasih. Saya tunggu jawabannya.

Sarah -­ Batam

Keadaan gigi tonggos umumnya disebabkan kebiasaan buruk dan herediter (keturunan). Kebiasaan buruk itu, antara lain adalah mengisap ibu jari dan empeng, menjulur-julurkan lidah, dan mengisap bibir bawah. Bila kebiasaan itu tidak dihilangkan, gigi tonggos ini dapat berlanjut pada gigi tetapnya.

Oleh karena itu, adakalanya diperlukan alat bantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, sekaligus membantu mengembalikan giginya ke posisi yang benar. Mengenai gigi anak yang keluar-masuk, kemungkinan disebabkan usia tumbuhnya yang belum lama (akar gigi masih dalam proses penyelesaian perkembangannya).

Dari usia dapat diperkirakan, kedudukan gigi dalam tulang alveolarnya belum stabil. Gigi yang masih labil, jika secara keras diadu dengan gigi lawannya (atas dengan bawah), atau dipakai untuk menggigit-gigit benda keras seperti mainan, pinggiran kereta dorong, dan pinggiran tempat tidur, maka bisa bergeser. Jika hal itu penyebabnya, maka keadaan ini belum tentu terjadi pada gigi tetapnya.

Views : 3619

blog comments powered by Disqus