Membership
Lupa password?
Konsultasi Kesehatan

Alat Kontrasepsi Selalu Lepas
Kamis, 14 Oktober 2010

Saya (26) sudah menikah 2 tahun dan telah memiliki 2 buah hati yang lahir pada tahun berurutan. Oleh karena itu saya inginberhenti memiliki anak untuk sementara waktu. Setelah kehamilan anak pertama, saya telah mencoba menggunakan alat kontrasepsi IUD buatan dokter berupa cincin (seperti tali yang diikatkan di rahim setelah 5 bulan melahirkan). Namun baru satu bulan menggunakannya, pada kontrol pertama alat tersebut lepas dan saya sudah hamil (terlambat 1 minggu). Hal yang sama terjadi pada alat kontrasepsi yang kedua. Saya memasang IUD Copper T (setelah 4 bulan melahirkan). Namun alat tersebut ikut lepas ketika menstruasi. Bidan yang memeriksa saya mengatakan bahwa rahim saya besar. Pertanyaannya, apakah alat kontrasepsi yang cocok untuk saya selain pil dan suntik. Perlu dokter ketahui BB saya 65 dan TB 156. Terima kasih atas jawabannya.

Eva ­- Bandung

Metoda kontrasepsi yang Ibu pakai termasuk dalam kelompok "alat kontrasepsi dalam rahim" (AKDR). Pemasangan AKDR harus benar dan mengisi sebagian besar rongga rahim, jadi harus dilakukan pengukuran rongga rahim sebelum memilih AKDR jenis apa yang dipakai. Selain itu, Ibu juga perlu menjalani pemeriksaan USG melalui vagina untuk melihat bentuk, ukuran, dan kemungkinan kelainan yang ada pada rahim untuk mencari penyebab kenapa AKDR Ibu selalu lepas. Adanya tumor dalam rongga rahim atau bentuk rongga rahim yang abnormal dapat menjadi penyebab dari terlepasnya AKDR tersebut. Pemilihan kontrasepsi dipengaruhi oleh kesehatan Ibu, penyakit yang ada, kebiasaan hidup (life-style ), jumlah anak yang pernah dilahirkan, keadaan organ kandungan, ketersediaan alat KB di pasaran, dan dokter yang akan memberikan pelayanan KB.

Bidan yang memeriksa Ibu menyatakan rahim ibu besar? Hal ini harus ditindaklanjuti dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Rahim yang membesar mungkin disebabkan oleh adanya tumor rahim, misalnya mioma uteri. Selain itu dapat juga disebabkan oleh adanya kista atau kelainan lain dari indung telur yang memengaruhi hasil pemeriksaan organ kandungan.


blog comments powered by Disqus