Membership
Lupa password?
Kebugaran

Meyakinkan Anak Mengenakan Helm Sepeda
Rabu, 10 April 2013
anak sepeda

Foto: CK

Setelah mencari ke beberapa toko, akhirnya Anda menemukan helm yang sempurna untuk anak Anda. Tapi sekarang persoalannya, anak menolak mengenakannya saat ia bermain sepeda.

Jika anak sudah mengatakan tidak, memang susah sekali membuatnya mendengarkan kita. "Semuanya itu harus dimulai dari orang tua," kata Beverly Losman, Direktur Safe Kids Georgia .
 
 Losman mengajak Anda untuk mengikuti beberapa tips berikut ini agar anak Anda mau mengenakan helm saat bersepeda:  

 1.   Role model . Saat bersepeda bersama keluarga, kenakan helm Anda.

2.   Mulai sejak dini. Bersamaan dengan saat Anda mengenalkan sepeda kepada anak, ada baiknya saat itu juga Anda mengenalkan helm dan peralatan keselamatan lainnya kepada anak.

 3.   Cari contoh lain . Perlihatkan kepada anak foto atau gambar atlet bersepeda yang sedang mengenakan perlengkapan bersepeda lengkap. Jika mungkin, bawalah anak ke perlombaan sepeda profesional dan pastikan agar ia melihat helm yang dikenakan para peserta.

4.   Jelaskan dampak negatif . Jelaskan dengan baik apa saja yang bisa terjadi jika anak terjatuh tanpa helm. Begitu juga dengan cedera otak dan luka permanen yang mungkin ia dapatkan.

5.   Pujian . Ketika anak mau mengenakan helmnya, jangan lupa untuk memujinya.

 6.   Biarkan anak yang memilih . Apapun yang menarik perhatian anak membuat ia ingin mengenakannya. Jadi,bawa anak ke toko sepeda dan biarkan ia yang memilih helm sepedanya.

7.   K onsisten . Jangan biarkan anak naik sesuatu dengan roda, seperti inline skate, skuter, skateboard, atau sepeda tanpa memakai helm. Pun ketika anak hanya bermain di taman, tetap ingatkan ia untuk mengenakan pengamannya.  

Ester Sondang


blog comments powered by Disqus