Membership
Lupa password?
Kebugaran

Bugar dengan Muay Thai
Selasa, 14 Februari 2012
Jab

Foto: Adrianus Adrianto

Bela diri sekaligus membakar kalori? Muay thai  yang dinamis adalah pilihan sempurna.

Berasal dari Thailand, seni bela diri (martial arts ) ini telah ditemukan sejak 2000 tahun lalu. Dengan gerakan yang sarat akan pukulan, tendangan, siku, dan lutut, Muay Thai  atau Thai Boxing mampu membakar 700-1000 kalori per jam. “Perempuan yang memiliki aktivitas padat membutuhkan olahraga yang cepat dan singkat namun efeknya besar. Dalam waktu singkat, Muay Thai  dapat membakar banyak kalori karena seluruh bagian tubuh bergerak,” ujar Nano Oerip , Fitness Training Manager di Fitness First Indonesia .

Meskipun di negara asalnya Muay Thai  berupa combat (bertarung), namun gerakan-gerakan dasarnya dapat diaplikasikan untuk melatih kondisi fisik. Inilah konsep yang diterapkan oleh praktisi-praktisi Muay Thai  di Indonesia. Manfaatnya? Selain menjaga kebugaran, meningkatkan stamina, dan menambah refleks tubuh terhadap pertahanan diri, gerakan Muay Thai yang dinamis juga efektif menurunkan berat badan.

Jika Anda tertarik dengan olahraga yang menantang, beberapa gerakan dasar berikut dapat diaplikasikan di rumah. Tidak ada pasangan untuk melakukannya? Jangan khawatir, menurut Nano, gerakan tersebut bisa, kok, dilakukan sendiri. Selamat mencoba!

Jab & Cross Jab

J ab  adalah ketika posisi kaki yang di depan sama dengan tangan yang melakukan pukulan, misalnya kuda-kuda dengan kaki kiri di depan dan tangan kiri yang memukul. Sementara cross jab  adalah ketika posisi tangan dan kaki yang berada di depan tidak sama.

Caranya, buka kaki selebar bahu, posisikan kaki kiri di depan. Buat pukulan bertenaga oleh tangan kiri. Setelah delapan kali pukulan, lakukan cross jab . Lakukan dengan posisi kaki kiri tetap di depan dan gunakan tangan kanan untuk melakukan pukulan sebanyak delapan kali. Lalu posisikan kaki kanan di depan dan lakukan jab  serta cross jab  masing-masing sebanyak delapan kali.

Uppercut

Foto: Adrianus Adrianto

Uppercut

U ppercut  adalah pukulan yang diayun dari bawah menuju atas. Perbaiki lagi kuda-kuda Anda, lalu kepalkan tangan dan ayunkan dari pinggir pinggang hingga sejajar dengan leher sebanyak delapan kali. Lakukan secara bergantian antara tangan dan kiri.

Hook

Masih dalam kuda-kuda yang sama, ambil pukulan dari arah luar samping. Ayunkan tangan dengan penuh tenaga dari arah belakang bahu hingga sejajar dengan dada sebanyak delapan kali, lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Side Elbow

Gerakan ini akan mengikutsertakan otot lengan, pinggang, dan bahu. Maka lakukan posisi tangan menyiku, putar tangan Anda dari arah bahu ke depan. Hentakkan tangan di akhir gerakan agar otot bekerja dengan maksimal.

Uppercut Elbow

Sama halnya dengan side elbow, gerakan ini mengikutsertakan otot lengan, pinggang, dan bahu, namun ditambah dengan bagian dada. Kepalkan tangan lalu ayun dari arah pinggang ke bahu dengan posisi siku mengarah ke depan. Lakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Knee Kick

Foto: Adrianus Adrianto

Knee Kick

Tendangan lutut ini melatih otot pinggul, paha, serta betis. Ambil posisi kuda-kuda dengan kaki kiri di depan, lalu lakukan tendangan menyiku dengan kaki kanan. Tahan beberapa saat, lalu lakukan dengan posisi sebaliknya, masing-masing delapan kali.

Kick

Posisikan kuda-kuda dengan kaki kanan di depan. Putar pinggul sedikit ke arah kiri dan lakukan tendangan hingga kaki kiri lurus. Jika menggunakan target, arahkan target di bagian tulang kering karena tenaga di bagian ini justru lebih besar dan kuat. Kemudian lakukan dengan posisi sebaliknya, masing-masing delapan kali.

ANNELIS BRILIAN

MODEL : ENNA | TRAINER : NANO OERIP - FITNESS FIRST INDONESIA | LOKASI : FITNESS FIRST PASIFIC PLACE, PASIFIC PLACEMALL LANTAI 5 SCBD, JALAN JEND.SUDIRMAN KAV. 52-53, JAKARTA SELATAN 12190, (021-5140 0525) | FOTO: ADRIANUS ARDIANTO

Views : 2331

blog comments powered by Disqus