Membership
Lupa password?
Diet

Makan Jahe Setiap Hari? Siapa Takut!
Senin, 12 Agustus 2013
jahe.intisari-online

Foto: Intisari-online.com

Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang populer digunakan dalam obat-obatan tradisional China dan Ayurveda selama berabad-abad. Beberapa orang menyebutnya tanaman langsung dari Taman Eden. Tak heran jika dikatakan, tak satupun orang yang ragu akan manfaat kesehatan dari jahe.
Mencegah mabuk . Banyak orang yang menyiapkan jahe sebelum melakukanpenerbangan. Cukup mencungkil sedikit kulitnya, Anda sudah akan mendapatkan aroma jahe yang segar.

Mengontrol kadar gula darah. Beberapa ahli kesehatan meminta pasien diabetes untuk minum teh jahe tiap pagi. Itu, katanya, dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Sifat anti-inflamasi . Jahe adalah sumber senyawa anti-inflamasi yang sangat kuat yang dikenal dengan gingerol . Senyawa ini membantu mengurangi gejala arthritis, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

Meredakan masalah perut. Jahe sangat ideal untuk menghilangkan sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya serta membantu pencernaan. Bahkan, beberapa peneliti Jepang menemukan bahwa gingerol dapat mengatasi muntah refleks.

Meningkatkan kekebalan. Mengkonsumsi sedikit jahe segar setiap hari dapat meningkatkan kekebalan Anda.

Morning sickness. Jahe diketahui efektif memberikan bantuan dari morning sickness . Hal itu menunjukkan tingkat keberhasilan hingga 75 persen dalam beberapa penelitian kesehatan.

Sirkulasi darah. Jahe mengandung mineral seperti seng, kromium, dan magnesium yang membantu sirkulasi darah yang optimal dalam tubuh.

Mencegah kanker usus besar. Sebuah studi kesehatan yang dilakukan di University of Minnesota , AS, menunjukkan bahwa jahe dapat memperlambat laju pertumbuhan sel kanker kolorektal.

Melindungi kesehatan jantung. Mengkonsumsi jahe secara teratur dikatakan dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Ini juga menurunkan risiko stroke dan serangan jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL).

Meredakan sakit kepala dan migrain. Mengunyah sepotong jahe segar selama sekitar 30 menit diyakini dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

Meredakan flu. Jahe mengandung sifat antivirus dan antifungal. Jadi, jika Anda terserang flu atau pilek, siapkan saja teh jahe untuk mencerahkan tenggorokan dan hidung dari kemacetan.

Sifat antihistamin. Jahe mengandung sifat antihistamin yang membuatnya ideal untuk mengobati alergi.

Sakit tenggorokan yang buruk. Jahe dapat mengikis rasa gatal pada tenggorokan. Jika Anda mengalaminya, minumlah secangkir teh jahe tiga kali sehari.

Ester


blog comments powered by Disqus