Membership
Lupa password?
Anak

Ingin Anak Sehat? Ayo Senam
Rabu, 28 April 2010
senam

Foto: Agus Nakita

S logan "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" harus ditanamkan pada anak-anak. Terutama karena anak kota besar lebih banyak melakukan kegiatan pasif seputar televisi, game, dan komputer. Kesibukan orangtua juga ditengarai mengondisikan anak-anak masa kini jadi minim berolahraga. Padahal, aktif berolahraga memiliki banyak keuntungan, di antaranya jadi cerdas selain lebih terampil dan lincah bergerak. Yuk, kita bangkitkan kebugaran buah hati tercinta lewat senam di bawah panduan Adi Nugroho, manager fitness club Fitbybeat yang juga pemerhati kebugaran anak.

MANFAAT

* Senam melatih keseimbangan tubuh, fleksibilitas atau kelincahan, sekaligus perkembangan motorik anak balita. Latihan ini perlu terutama untuk mempersiapkan anak agar mampu berdiri, berlari, melompat dan sebagainya dengan sempurna.

* Sedangkan gerakan-gerakan khusus untuk memperkuat otot punggung dan perut lebih berguna untuk mempersiapkan si kecil mampu tangkas bergerak dalam gerakan lari ataupun melompat. Karena jika tidak dilatih sejak dini, anak cenderung lebih gampang cedera.

* Selain melatih keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh, senam juga bisa menjadi sarana melakukan kegiatan bersama keluarga. Dengan kata lain, melalui senam orangtua bisa mempererat hubungannya dengan sang buah hati.

* Senam anak juga bertujuan melatih konsentrasi, atensi/perhatian, koordinasi dan keseimbangan tubuh.

SEBELUM BERSENAM

* Sebelum melakukan olahraga apa pun, biasakan diri untuk melakukan gerak pemanasan. Ini perlu untuk meminimalkan risiko cedera dan kram.

* Lakukan gerakan-gerakan mudah yang dapat dilakukan sendiri tanpa pendampingan instruktur berpengalaman hingga dapat dilakukan kapan saja sesempatnya di rumah.

* Untuk anak dengan gangguan kesehatan khusus seperti kegemukan, jantung atau diabetes, konsultasikan terlebih dulu ke dokter anak sebelum memperkenalkan gerakan senam kepada anak.

* Jika anak suka gerakan-gerakan senam, awalnya lakukan berbagai permainan, seperti ayunan, meluncur dan sejenisnya. Pancing dengan berbagai cara agar anak tertarik bergerak, setelah itu baru secara berangsur-angsur lakukan gerakan-gerakan senam.

* Kenakan baju olahraga yang nyaman seperti celana pendek dan
T-shirt yang menyerap keringat.

* Gunakan sepatu olahraga dan kaus kaki yang nyaman agar gerakan senam dapat dilakukan dengan bebas.

* Siapkan musik yang mampu menggugah semangat. Perhatikan iramanya, jangan sampai terlalu cepat agar anak tak sulit melakukan gerakan-gerakannya.

PEMANASAN

1. Berdiri tegak, lalu berjalan di tempat dengan tangan di pinggang selama 10 hitungan.

2. Masih dalam posisi berdiri tegak, lutut ditekuk ke depan. Setelah itu bawa kaki ke samping tubuh. Bergantian kaki kiri dan kanan selama 4 hitungan.

3. Tubuh masih berdiri tegak dengan tangan di pinggang. Lalu telapak kaki dijulurkan ke depan, bergantian antara kaki kiri dan kanan.

4. Julurkan kaki ke depan, namun ditambah dengan gerakan tangan yang ikut dijulurkan juga. Bergantian antara kaki kiri dan kanan selama 6 hitungan.

5. Kendurkan otot leher dengan menggerakkan leher ke samping. Selanjutnya telapak tangan taruh di pipi, kemudian putar leher ke samping. Gerakan terakhir, lemaskan otot leher dengan menangkupkan kedua tangan lalu menyorongkan dagu dengan kedua tangan hingga leher tertarik ke belakang (2).

6. Selanjutnya, taruh kedua telapak tangan di belakang kepala. Dorong kepala secara perlahan hingga sedikit tertunduk. Angguk-anggukkan kepala sampai 5 hitungan.

GERAKAN INTI

1. Berdiri tegak, kedua tangan dijulurkan ke atas. Jari-jari tangan saling dikatupkan. Lalu tubuh di condongkan ke kiri sampai perut bagian samping terasa tertarik. Bergantian antara condong ke kiri dan kanan, masing-masing 6 hitungan.

2. Bungkukkan badan. Salah satu tangan ditaruh di lutut dengan kaki terlipat sementara kaki yang lain membuka. Tekan tangan yang ditaruh di lutut sehingga terasa tarikan pada betis.

3. Berdiri tegak, lipat kaki ke arah perut, lalu sangga dengan tangan. Lakukan bergantian setiap kaki masing-masing 6 hitungan.

4. Masih dalam posisi berdiri tegak, lipat kaki ke belakang. Tekan tumit ke bokong. Selanjutnya sangga dengan kedua tangan. Lakukan bergantian kaki kiri dan kanan.

5. Buka kedua kaki lebar-lebar. Bungkukkan badan, lalu sentuhlah ujung tumit masing-masing kaki dengan kedua tangan.

6. Selanjutnya lakukan lari di tempat sebanyak 10 hitungan. Gerakan ini dapat ditambah bila anak ingin melakukannya sampai kurang lebih 2x10 hitungan.

7. Berikutnya, lakukan lompat-lompat di tempat sampai paha sejajar dengan perut. Bergantian kaki kiri dan kanan. Lakukan selama 10 hitungan.

8. Gerakan terakhir dari gerakan inti adalah melompat di tempat dengan kaki ke belakang. Lakukan selama 10 hitungan.

PENDINGINAN

1. Lakukan kembali gerakan pemanasan 2, 3 dan 4, namun ditambah dengan gerakan-gerakan berikut:

2. Berdiri tegak, selanjutnya satu kaki julurkan ke depan. Kemudian lutut kaki yang di depan ditekuk sementara kaki yang di belakang tetap lurus ke belakang. Lakukan bergantian masing-masing kaki sebanyak 5 hitungan.

3. Berdiri tegak. Kedua kaki dibuka ke samping dan tangan di pinggang. Tekuk kedua lutut. Lakukan sebanyak 5 hitungan. Di saat lutut ditekuk, tahan sebentar sebanyak tiga hitungan.

Santi Hartono

Views : 1448

#Tag :


blog comments powered by Disqus