Membership
Lupa password?
Wajah

Varises di Wajah
Jumat, 20 April 2012
TCK

Foto: Agus Dwianto/Nova

Saya ada keluhan di wajah. Pembuluh-pembuluh darah kelihatan, kadang saya tutupi dengan make-up, tapi itu kan sementara, tidak menyelesaikan masalah. Saya ingin masalah di wajah saya itu hilang, bagaimana caranya ya, dok? Awal masalah saya itu timbul ketika saya sering menggunakan produk pengelupasan yang bebas dijual di pasaran, dalam artian tanpa konsultasi dengan dokter. Kalau kata teman saya yang sering konsultasi ke dokter, itu disebutnya varises wajah. Agak ngeri mendengarnya. Saya tunggu jawabannya dok. Terima kasih.

Anda mungkin kaget mendengar kata ini, varises kok di wajah? Tapi memang ada, selain di kaki, varises juga bisa terjadi di daerah wajah yaitu sekitar pipi atau sering disebut dengan spider vein. Selain itu, varises juga bisa muncul di daerah hidung dan dagu.

Varises adalah pelebaran pembuluh darah vena yang berwarna biru keunguan. Terlihat seperti tali yang terpelintir dan menonjol ke permukaan kulit. Pada wajah, biasanya disebut telangiectasis atau spider vein yaitu garis halus berwarna biru di kedalaman kulit yang kerap terlihat pada kulit wajah.

Varises yang terdapat di wajah adalah pelebaran pembuluh darah kapiler berbentuk garis atau kaki laba-laba yang terletak dekat permukaan kulit dengan ukuran kurang lebih 0,5 – 1 mm.

Pembuluh darah kapiler wajah sangat rentan untuk mengalami kerusakan sehingga perlu berhati-hati dalam melakukan perawatan wajah. Pelebaran ini dipicu faktor internal (keturunan dan hormonal) dan eksternal (paparan sinar matahari, penuaan, kegemukan atau obesitas, konsumsi pil kontrasepsi, dan pemakaian yang salah dari pengelupasan kulit). Penyebab spider vein lainnya adalah penggunaan obat-obatan yang menipiskan kulit.

Varises tidak cukup diatasi dengan penggunaan krim saja, tetapi harus dibantu dengan treatmentyang khusus menghilangkan masalah spider vein ini, treatmenttersebut antara lain:

•Skleroterapi

Treatmentini dilakukan dengan cara suntik menggunakan cairan steril (sklerosan, sodium tetradecyl sulfate) ke pembuluh darah yang melebar. Suntikan ini membuat dinding pembuluh darah hancur, dan kemudian menjadi jaringan scaryang dalam beberapa minggu pembuluh darah itu diabsorbsi oleh tubuh dan menghilang.

•Laser dan IPL

Laser dan IPL menggunakan sinar panas untuk memengaruhi dinding pembuluh darahnya. Terapi ini sangat efektif untuk pelebaran pembuluh darah kapiler.

•Ppx

Merupakan alat yang menggunakan teknologi gabungan antara broadband light sourcedengan panjang gelombang 400-1200 nm dan pneumatic energy. “Pengerjaannya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.”

• Laser Gentle Yag

Cara kerjanya menggumpalkan pembuluh darah lalu dipecahkan dan akan diserap oleh tubuh. Bila yang terkena hanya satu guratan hanya membutuhkan waktu satu menit. Setelah treatmentAnda harus menggunakan sunblock SPF 30.

•Dye Laser

Treatmentini akan membuat pembuluh darah meradang dan pecah atau lengket. Sekali treatmenthasilnya sudah bersih. Tetapi jika pembuluh darahnya besar dibutuhkan lima kali treatment.

•FPL (Fluorecent Puls Light)

Treatmentini menggunakan suatu filter, yakni filter fluorescent. Cara kerjanya seperti membekukan. “Pembuluh darah yang ada di dalam atau butir-butir darahnya dibekukan, hingga akhirnya pembuluh darah menciut atau mengerut sampai tidak kelihatan.

Tidak ada efek negatif dari treatmentlaser. Efeknya positif, yaitu darah menjadi bagus, mengencer, serta oksigen dalam darah bagus sehingga kulit jadi lebih terang. Kulit juga butuh aliran darah yang bagus. Dalam beberapa kasus, spider veintimbul kembali setelah treatment, terutama jika penyebabnya faktor keturunan.

Untuk semua treatmentdi atas Anda terlebih dahulu harus mengkonsultasikan langsung dengan dokter ahli. Dokter nanti menentukan treatmentmana yang baik untuk Anda, disesuaikan dengan kondisi kulit dan masalahnya.

WENDY SUNDARI


blog comments powered by Disqus