Membership
Lupa password?
Wajah

Laser Enyahkan Kerutan
Kamis, 25 Agustus 2011
TCK Laser

Foto: Eng Naftali

Menilik lebih jauh canggihnya perkembangan teknologi di dunia kecantikan, salah satunya ialah laser

Laser untuk kecantikan sudah dikenal lama. Banyak para wanita telah mencobanya. Sekejap, wajah pun tampak jelita. Kerutan, bintik hitam, jerawat dan masalah kulit lainnya, hilang dalam beberapa hari. Untuk Anda yang masih awam, mari berkenalan dahulu dengan teknologi canggih ini yang bernama laser.

Apa Itu Laser?

L : light , A: Amplificationby ,
S: Stimulated , E: Emission of , R : Radiation . Jadi laser adalah sinar yang mengalami penguatan yang distimulasi dari emisi radiasi yang berguna untuk mengurangi masalah kulit di sekitar kulit paling atas atau epidermal hingga lapisan epidermis bagian kulit terdalam, seperti kerutan pada wajah, menghilangkan pigmen hitam pada wajah, hingga mampu menghilangkan tahi lalat, varises hingga yang terparah telanggiectasia  atau lebih dikenal dengan sebutan pelebaran pembuluh darah.

Cara Kerja Laser Pada Kulit

Sistem kerja laser pada kulit wajah yaitu dengan membuat luka atau peradangan di dalam kulit akibat dari sinar laser yang dipancarkan ke bagian kulit wajah karena pada prinsipnya tubuh manusia terdapat chromophores  atau molekul yang bertanggung jawab untuk memberi warna suatu massa dan menyerap energi pada gelombang tertentu. Maksud dari  peradangan ini untuk merangsang keluarnya asam aminopeptide  yang akan memberikan sinyal pada sel untuk melakukan regenerasi kulit.

Dan karena teknologi laser ini tidak seperti perawatan wajah yang konvesional seperti memakai krim oles atau dermabrasi oleh karena itu penanganan wajah setelah laser pun sangat harus diperhatikan, seperti wajah harus terlindung dari sengatan sinar matahari langsung, karena pada saat itu wajah akan mengalami tingkat sensitifitas yang sangat parah, kulit menjadi kering.

Maka dari itu, pengunaan krim moisturizer  yang mengandung EGF (endotilial growth factor ), vitamin C, sunblock , asam amino dan krim wajah yang mengandung mineral co-enzimes , yang akan membuat wajah tampak lembap dan menghilangkan efek kemerarahan akibat peradangan sinar laser.

Manfaat Laser Bagi Kulit

Sinarnya mampu mengatasi banyak masalah kulit dari yang tergolong berat sampai ringan, seperti menghilangkan pigmentasi pada kulit wajah atau spruten atau flek hitam, menghilangkan wrinkle atau kerutan-kerutan di sekitar mata, garis senyuman, dahi dan dagu. Dan laser pun mampu mengencangan kulit wajah hingga mempertahankan keremajaan kulit atau anti aging .

Macam-macam Laser

Teknologi laser memiliki beberapa jenis, yaitu ablatif dan non ablatif. Teknik ablatif yaitu teknologi laser yang menimbulkan luka di luar atau akan terjadi penglupasan pada bagain atas kulit wajah.

Dengan menggunakan panjang gelombang 532nm, teknologi laser ablatif hanya dilakukan selama 1 bulan sekali dan membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk pemulihan wajah karena mengalami pengelupasan yang mengakibatkan wajah tampak kemerahan. Sedangkan teknologi laser non ablatif yaitu teknik yang memanfaatkan panas untuk merangsang pertumbuhan kolagen pada bagain dasar kulit wajah dan membutuhkan 5 kali perawatan dalam sebulan untuk hasil yang efektif dan memuaskan.

Perbedaan teknologi laser dengan teknologi kecantikan yang lainnya, seperti mesotherapy , botox atau serum.

1 Kekuatan penetrasi sinar laser yang mampu mencapai target chromophore yaitu penyerapan pada melanin dan hemoglobin  pada kulit wajah.

2 Mampu merangsang kolangen lebih cepat tanpa harus jaringan kulit bagian atas ikut rusak.

3 Hanya mengenai satu target, sehingga tidak akan memengaruhi daerah wajah lainnya dan tidak merusak kebagian lain yang tidak terfokus.

Wisnu Sulistyanto

Model: Jeidy, Make Up and Hair Do: Fitri(08131156277), Konsultasi Dokter : dr. Indah Ramadhianti, Stylist: Wisnu Sulistyanto, Foto: Eng Naftali


blog comments powered by Disqus