Membership
Lupa password?
Wajah

Gigi Rata dan Putih Sekejap
Rabu, 23 November 2011
TCK Gigi

Foto: Adrianus Adrianto

Senyum Anda akan semakin memesona dengan deretan gigi yang tampak sempurna.

Invisalign

Masalah:   Gigi tidak rata. Biasanya orang yang memakai kawat gigi merasa tidak percaya diri karena pemandangan “kawat” terasa merusak penampilan. Muncullah solusi bernama Invisalign . Ini adalah kawat gigi tanpa kawat, karena perata gigi berbentuk pelapis gigi transparan yang dicetak sedemikian rupa menggunakan teknik 3D computer imaging .

Langkah Perbaikan: Gigi akan dicetak, di-rontgen  dan difoto untuk kemudian hasilnya akan dicetak menjadi perata gigi transparan (aligner) di Amerika. Dengan menggunakan teknik 3D computer imaging , akan terlihat perawatan yang dibutuhkan dari awal hingga akhir. Dari langkah inilah selanjutnya dibuat perata gigi dalam jumlah tertentu (sesuai kebutuhan). Setiap perata gigi diganti selama 2 minggu sekali. Gigi Anda pun akan rata seiring dengan waktu. Kabarnya teknik Invisalign  ini jauh lebih cepat efeknya daripada kawat gigi biasa. Fakta unik yang tidak banyak diketahui orang adalah apabila bentuk gigi berubah, maka bentuk rahang pun akan berubah sehingga otomatis wajah akan tampak beda!

Perawatan Lanjutan: Sesudah memakai Invisalign , Anda harus memakai Retainer (penopang gigi) untuk mempertahankan hasil yang sudah dicapai setiap malam sampai pagi. Retainer  baru bisa dilepas setelah gigi benar-benar stabil.

Tersedia di: Drg. E. Linda & Associates Dental Salon- Taman Anggrek Mal lantai 1 no.168. Telp. (021-5609906 & 021-32236789)

Veneer

Masalah: Veneer  adalah solusi ajaib untuk berbagai masalah gigi; warna gigi yang tidak dapat diperbaiki dengan bleaching , gigi dengan lubang besar di bagian depan, celah gigi yang terlalu besar, memanjangkan gigi yang memendek karena aus atau untuk melindungi permukaan gigi yang rusak. Veneer  adalah cara mengoreksi gigi dengan menempelkan selapis tipis bahan restoratif yang terbuat dari komposit atau perselen ke permukaan gigi. Dengan Veneer , gigi dapat diperbaiki dengan cepat dan pengasahan gigi yang relatif tipis.

Langkah Perbaikan: Awalnya konsultasi dengan dokter gigi spesialis konservasi gigi untuk mendiagnosa kelainan pada gigi dan memastikan kondisi gigi dan rongga mulut sehingga dapat ditentukan perawatan yang ideal. Dokter gigi akan mengasah permukaan gigi yang akan ditutupi dengan veneer .

Ada dua cara pembuatan komposit, yaitu  cara direct ; dikerjakan oleh dokter gigi secara langsung yang dapat ditempelkan secara langsung, atau cara indirect ; permukaan gigi dipersiapkan dulu oleh dokter gigi, dicetak dan kemudian dikirim ke laboratorium untuk dibuatkan veener  yang akan ditempelkan ke permukaan gigi. Sementara untuk bahan porselen hanya bisa dilakukan secara indirect . Pada kunjungan berikutnya, veneer  akan ditempel menggunakan bahan bonding  ke permukaan gigi yang telah diasah.

Perawatan Lanjutan: Menyikat gigi secara intensif dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Kunjungan rutin ke dokter gigi diperlukan untuk mendeteksi masalah sedini mungkin.

Tersedia di: Ultimo Aesthetic & Dental Center- Plaza Asia Lantai 18, Jl. Jend Sudirman Kav 59, Jakarta Pusat. Telp. (021-514.011.19/ 021-514.011.20) & Komp. Ruko Rich palace Blok R-18 Jl. Mayjend Sungkono, Surabaya. Telp.(031-562.1028).

Drg. E. Linda & Associates Dental Salon.

Bleaching

Masalah: Warna gigi tidak merata atau buruk. Bleaching  adalah solusi memperbaiki perubahan warna pada gigi dengan pemakaian bahan oksidator kuat. Bleaching  terdiri dari 2 metode yaitu bleaching intrakoronal  yang dilakukan pada gigi non vital dan bisa dikerjakan di klinik gigi maupun di rumah. Sementara bleaching ekstrakoronal  ditujukan untuk gigi yang berubah warna karena faktor luar saja seperti makanan, minuman, rokok atau plak.

Langkah   Perbaikan: Awalnya Anda akan berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis konservasi gigi untuk dapat mendiagnosa penyebab perubahan warna gigi. Setelah mengecek kondisi gigi dan rongga mulut, gigi akan dilindungi oleh pelindung gusi untuk kemudian dioleskan berupa gel pada permukaan gigi. Setelah jangka waktu tertentu, bahan bleaching  akan dibersihkan dari permukaan gigi untuk selanjutnya perubahan warna dicek. Sementara untuk Anda yang ingin memutihkan gigi di rumah, gigi Anda akan dicetak untuk membuat tray  yang nantinya dipasangkan ke permukaan gigi setelah diisi dengan bahan bleaching .  

Perawatan Lanjutan: Menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat gigi yang baik, menghindari makanan dan minuman yang dapat mengubah warna gigi seperti teh, kopi, rokok, untuk mendapatkan hasil yang bertahan lebih lama. Apabila Anda merawatnya dengan baik, Anda bisa mempertahankan sinar gigi Anda hingga 3 tahun!

Tersedia di: Ultimo Aesthetic & Dental Center.

Views : 14359

blog comments powered by Disqus