Membership
Lupa password?
Wajah

Cara Aman Mempercantik Wajah
Kamis, 31 Januari 2013
TJK

Foto: Getty Images

Tanya:

Apakah ada metode yang aman digunakan untuk memperbaiki kekurangan pada wajah selain dengan cara operasi? Terus terang saya sangat tergiur oleh orang-orang Korea yang melakukan operasi plastik pada bagian wajahnya. Terlihat cantik dan sempurna. Saya sering dengan istilah botox, filler , atau tanam benang, itu apa bedanya? Apakah semua orang dapat melakukan ketiga hal tersebut? Terima kasih.

Emma- Jakarta

Jawab:

Dulu sebelum adanya dokter ahli kecantikan, bagi wajah atau badan yang memiliki kekurangan hanya bisa menerima. Namun seiring berkembangnya zaman, kali ini perubahan pada wajah dan badan semakin mudah didapat. Klien dengan mudahnya memperlihatkan sebuah foto dan meminta dokter untuk mengubahnya seperti yang diinginkan. Tetapi Anda juga harus teliti dan berhati-hati.

Memang ada cara yang bisa Anda dapatkan tanpa operasi dan tentunya harus dilakukan oleh dokter ahli yang bersertifikat. Metode ini terbagi ke dalam dua macam, yaitu: 

1. Metode invasif, melalui suntikan/bedah.

2. Metode noninvasive, tanpa suntikan (biasanya melalui penggunaan produk atau alat).

Yang termasuk ke dalam metode invasive, di antaranya:

1 Botox

Adalah protein alami, yang dalam dosis sangat rendah melemaskan otot-otot hiperaktif yang menyebabkan kerutan. Suntik Botox merupakan perawatan non-bedah untuk menghaluskan garis dalam membandel antara alis yang berkembang dari waktu ke waktu. Botulinum Toxin Tipe A secara temporal memperbaiki kerut sedang sampai kerut berat di wajah. Botox bekerja dengan menghalangi impuls saraf ke otot atau kelenjar dan secara sementara melumpuhkan otot atau kelenjar tersebut.

Mengapa Memilih Botulinum Toxin Tipe A?

- Botox menyebabkan garis wajah menjadi halus dan kerutan lebih sedikit. Setelah pengobatan, kulit yang kusut akan menjadi kencang. Bagian wajah yang tidak diobati akan tetap berkontraksi dengan normal sehingga ekspresi wajah dan perasaan tidak terpengaruh.

- Penggunaan Botulinum Toxin tipe A lebih murah daripada operasi dan hasilnya akan terlihat segera setelah injeksi (dalam beberapa kasus hasil baru nampak setelah 7 hari)

- Tidak akan ada bekas luka permanen dan tidak diperlukan waktu pemulihan. Prosedur botox hanya membutuhkan waktu 15 menit dan efek rata-rata berlaku 3 sampai 4 bulan (bervariasi tergantung dosis dan reaksi tiap orang yang berbeda)

Jangan menggunakan Botulinum Toxin Tipe A bila:

- Anda sedang hamil, berencana hamil, atau berada dalam periode menyusui.

- Anda sedang mengonsumsi obat resep, produk herbal, atau suplemen diet.

- Anda memiliki masalah atau penyakit syaraf, masalah atau penyakit otot, masalah jantung, gangguan perdarahan, kejang, atau kelemahan parah atau pengecilan otot-otot di tempat suntikan.

- Masalah kulit di lokasi injeksi seperti peradangan dan jaringan parut.

Fungsi botox, yaitu:

Menghilangkan garis-garis penuaan, kerut yang timbul akibat kontraksi otot wajah misalnya kerut dahi, kerut antar alis (kernyit), kerut sudut mata (crow’s feet) dan lekukan pada wajah. Juga untuk mengubah bentuk alis, merampingkan pipi, atau peremajaan kulit wajah (mesobotox). Dapat juga digunakan untuk mengurangi keadaan hiperhidrosis (keringat yang berlebihan) pada ketiak, telapak tangan atau telapak kaki.

2 Filler

Dermal Filler biasa dilakukan pada orang yang mempunyai permasalahan dengan kontur dan bentuk wajah sehingga ingin melakukan perbaikan agar terlihat lebih menarik. Atau, karena faktor usia telah mengalami perubahan kontur wajah karena sel kulit semakin susah mempertahankan air di dalamnya, sehingga kulit kelihatan keriput, tonus berkurang dan turun.

Prosedur Dermal Filler biasanya ditentukan oleh dokter yang telah memeriksa pasien dengan seksama dan memutuskan bahwa permasalahan si pasien bisa diterapi dengan Dermal Filler. Penentuan ini dilakukan setelah memperhatikan banyak faktor, seperti ketebalan dan tekstur kulit pasien, usia, etnis (tipe kulit), preferensi estetika, hasil yang ingin dicapai, toleransi atas risiko, anggaran, dan jadwal sosial pasien.

Pada orang-orang yang sedang menjalani terapi imunosupresif atau terapi yang bisa menurunkan sistem imun tubuh sebaiknya membicarakannya terlebih dahulu kepada dokter karena bisa meningkatkan risiko infeksi. Dan pada mereka yang sedang menggunakan obat yang bisa mengencerkan darah misalnya ibuprofen dan aspirin bisa mengalami memar dan pendarahan ditempat suntikan. Demikian juga dengan pasien yang memiliki riwayat alergi dan anafilaksis sebaiknya mengkonsultasikan secara lebih mendalam dengan dokter sebelum tindakan Dermal Filler dilakukan.

Dermal Filler saat ini hanya boleh dilakukan oleh dokter yang telah menjalani pelatihan khusus untuk Dermal Filler. Karena walaupun risiko tindakan Dermal Filler tergolong kecil bila dibandingkan dengan tindakan operasi estetik lainnya bukan berarti risiko itu tidak ada.

3 Thread Lift

Apa itu Thread lift? Merupakan prosedur kecantikan yang menggunakan benang khusus, terbuat dari nilon yang tidak mudah menyerap yang diletakkan di bawah kulit untuk memberikan efek kencang dan awet muda. Benang yang memiliki kait ini akan memastikan kulit berada di posisi yang benar dan akan menstimulasi fibrosis serta kolagen sehingga dalam jangka waktu panjang, kulit muka dan leher menjadi kencang. Jaringan di bawah kulit pun akan mengalami peremajaan.

Kini, sudah ada jenis benang yang dengan mudah dapat melebur bersama jaringan kulit, dikenal sebagai Happy Lift dan sangat diminati. Threadlift sangat aman karena tidak ada pemotongan pada jaringan di kulit. Karena itu, kemungkinan perdarahan atau infeksi pun kecil. Kelebihan dari prosedur ini adalah tidak adanya bekas luka, tidak diperlukan obat bius, serta menginap di rumah sakit. Obat bius hanya diberikan secara lokal saja. Perawatan ini tidak memakan waktu lama. Dilakukan oleh dokter ahli dan hanya memakan waktu 10-15 menit.

Efek kencang thread lift sekitar 2-4 tahun. Berapa lama ketahanannya, tergantung dari faktor lain seperti kondisi kesehatan pasien, gaya hidup, rokok, pola tidur serta pengaruh negatif lain dari lingkungan. Usai perawatan, ada kemungkinan terjadi pembengkakan ringan namun sebagain besar pasien akan dapat kembali beraktivitas normal dalam 10-15 hari. Jarang sekali terdapat memar dan bebas luka.

Threadlift bisa digabungkan dengan prosedur kecantikan lainnya yang dapat membantu menambah peremajaan dan pencerahan. Anda bisa diskusikan dengan dokter untuk mengetahui perawatan lain yang sesuai untuk mendukung threadlift. Hasil terbaik akan didapat pasien usia 35-50 tahun, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki tanda-tanda penuaan dini.

 

Sedangkan yang termasuk ke dalam metode noninvasive, di antaranya:

1 RF (Radio Frekuensi)

Merupakan prosedur “face lift” tanpa operasi serta dirancang untuk memperbaiki bentuk wajah dan mengencangkan kulit menggunakan gelombang radio frekuensi. RF memicu pertumbuhan kolagen baru. Prosedur ini tidak memerlukan anestesi, cepat dan mudah dilakukan dan tidak memerlukan masa pemulihan (no down time). Meliputi face, breast, arm, tummy, leg.

2 U-Cell Therapy (Stem-PRP System)

Cara baru di bidang kesehatan dan kecantikan dengan menggunakan Stem Cell dari darah Anda sendiri. Terapi ini sangat bermanfaat untuk anti-aging, meghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, menumbuhkan sel-sel kulit baru, menambah bagian pipi dan dahi, memutihkan kulit, mengisi kekurangan bagian wajah, dll.

3 Electroporation

D alam proses Electroporation, Modulated Medium Frequency (MMF) membuka pori-pori mikro sementara, lalu di lapisan eksternal dari kulit dan membran sel yang memungkinkan kosmetik untuk menembus berbagai lapisan kulit. Perawatan ini juga akan merangsang vascular microstimulation pada kulit dan efek anti penuaan yang diperoleh hanya dalam beberapa sesi. Metode ini sangat efektif, alternatif yang tidak menyakitkan dibandingkan Mesotherapy dengan jarum.

Views : 16528

blog comments powered by Disqus