Membership
Lupa password?
Wajah

Bye Bye Komedo!
Rabu, 01 April 2009

Wajah halus saja tak cukup, jika komedo masih bersarang dan menutupi pori-pori. Agar wajah tetap halus dan bersih sempurna, enyahkan komedo dan sebum dari wajah sekarang juga!
ITA ADNAN

Bye Bye Komedo

Kotoran penyumbat pori-pori ini berbetuk kecil, berwarna hitam atau putih. Dengan komedo, wajah halus terlihat kotor dan kusam. Komedo muncul akibat dari terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati. Saat membersihkan wajah, komedo sering terabaikan.
Ada dua jenis komedo:
1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.
2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.
Biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung, dan dagu), juga di bawah mata dan pipi. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondosi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

AGAR KOMEDO HILANG

- Kenali Jenis Kulit
Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, Anda bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.

- Pilih Pembersih yang Tepat
Pembersih yang tepat dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.

- Pilih Pelembap yang Cocok
Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembap oil free. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembapan kulit.

- Hindari Produk Comedogenic
Produk lain yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama, tak hanya komedo, tapi juga bisa menimbulkan jerawat.

- Hidup Sehat dan Cukup Gizi
Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Pada saat kondisi tubuh menurun, kuman-kuman mudah masuk ke dalam tubuh.

- Facial
Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif.

- Diet
Batasi mengonsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.

- Ke Dokter Kulit
Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, pergi saja ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.

TIPS ANGKAT KOMEDO
1. Gunakan Putih Telur
Ambil sedikit putih telur, tempatkan di wadah, kocok hingga berbusa. Oleskan di sekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Di bagian dalam tisu, akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.
2. Scrub Sayur dan Masker Kacang
• Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.
• Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredarah darah ke kulit.
• Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.
Model: Zabel
Pengarah Gaya: Ita Adnan
Rias Wajah dan Rambut: Andy K - In Style Salon (021-5672237)
Busana: USE_ME (021-58900559)
Foto: Widi Nugroho

Views : 11256

blog comments powered by Disqus