Membership
Lupa password?
Rambut

Sanggul Sesuai Bentuk Wajah
Selasa, 31 Maret 2009
Sanggul Sesuai Bentuk Wajah

Rambut bersanggul biasanya dipilih saat mengenakan busana nasional. Selain dibuat dengan rambut sendiri, sanggul juga dapat diciptakan dari cemara atau hair piece (sanggul jadi). Walau bersanggul, usahakan agar penataannya tetap modis dan modern.

Namun yang terpenting, sesuaikan model dan bentuk sanggul dengan bentuk wajah. Jadi, agar lebih percaya diri, kenali dulu bentuk wajah Anda sebelum bersanggul.

Wajah Bulat dan Persegi
Sangat dianjurkan untuk melakukan penataan rambut korektif agar menghasilkan bentuk sanggul yang proporsional dengan bentuk wajah. Agar wajah jadi seimbang, tambahkan volume di atas kepala dengan menyasak rambut lebih banyak di bagian tersebut. Apalagi jika Anda berambut tipis. Kemudian, sisir dan atur dengan bantuan hair spray tanpa aerosol atau hair spray basah agar sanggul tampak alami dan berkesan ringan.

Sanggul 1

Cara lainnya, Anda dapat membuat sanggul gaya Bali. Atur jatuhnya sanggul agak ke bawah atau tepat di belakang leher. Penataan ini akan memberi kesan melonjong pada wajah sehingga tampak seimbang.

Namun yang juga perlu diingat, sebaiknya pilihlah bentuk sanggul simpel nan ringan, misal konde cepol model klasik. Hal ini untuk mengurangi kesan berat atau penuh pada wajah. Aksesori jepit perak atau permata dapat ditambahkan agar sanggul lebih modern.

Wajah Lonjong atau Oval
Pemilik wajah lonjong atau oval dapat memilih model sanggul

Sanggul 2

yang lebih beragam. Anda boleh menciptakan sanggul menawan nan kaya detil dengan penataan rapi, atau yang berkesan berantakan sekalipun. Namun, hindari sanggul bentuk tinggi yang justru berkesan memanjangkan wajah. Untuk bagian depan, pilih penataan berponi, yaitu sanggul dengan poni yang disisir sedikit menutup dahi.

Agar tatanan lebih gaya dan modern, Anda dapat mewarnai rambut terlebih dahulu atau sekadar memberi highlight. Hal ini membuat detil dan bentuk sanggul yang sederhana sekalipun terlihat lebih jelas dan indah.

Rias wajah dan rambut: Ari dan Nana ­ Tim Artistik Sari Ayu Martha Tilaar (Cathy), retno - Tim Artistik Sari Ayu Martha Tilaar (hilda), andiyanto ( rani)

Eveline Sibarani
FOTO-FOTO: Widi Nugroho, Faduli Barbathully (Dok. NOVA)

Views : 29898

blog comments powered by Disqus