Membership
Lupa password?
Rambut

Pilih Produk Perawatan Rambut Alami
Minggu, 26 April 2009
alat perawat rambut.depan

Pernah terpikir untuk mengganti produk perawatan rambut yang Anda gunakan sekarang dengan yang lebih aman dan ramah lingkungan?

Sebuah pilihan yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika Anda sudah merasa puas dengan hasilnya. Untunglah sekarang sudah banyak produk perawatan rambut dengan bahan alami dan kemasan inovatif. Para produsen produk perawatan rambut berbahan alami kini telah menghasilkan produk berkualitas salon tanpa bahan beracun.

Banyak produk perawatan rambut yang dijual di pasaran dengan beragam kemasan menarik mengandung bahan kimia beracun. Bahan-bahan kimia tersebut tidak hanya membahayakan kesehatan namun juga dapat merusak lingkungan.

Kim Erickson, penulis buku Drop-Dead Gorgeous mengatakan, “banyak bahan kimia yang pada umumnya digunakan oleh produk perawatan rambut sebenarnya juga paling berbahaya”. Erickson merujuk pada penggunaan bahan-bahan beracun yang menyerang sistem saraf (neurotoksin) seperti diazolidinyl urea . ”Jika diazolidinyl urea digabungkan dengan DMDM hidantoin, maka gabungan keduanya dapat menghasilkan formaldehid, zat aktif beracun yang sangat beracun dan dapat menyebabkan iritasi selaput lendir, pada pernapasan atas, mata, dan kulit,” ujar Erickson.

Yang juga umum digunakan oleh produk perawatan rambut adalah bahan pengawet sintetis dari turunan keluarga zat paraben seperti –butil, -etil, metil– dan propilparaben yang mirip dengan estrogen. Pemakaian produk dengan zat kimia tersebut terlalu sering dapat merusak organ reproduksi dan bahkan keguguran pada wanita hamil.

Sebelum menyesal, sebaiknya carilah produk alternatif yang mengandung bahan alami. “Produk perawatan rambut alami biasanya menggunakan lidah buaya untuk melembapkan dan mengeraskan rambut, lilin dan getah tumbuhan untuk membentuk, serta beragam minyak tumbuhan untuk membuat rambut berkilau dan lembap,” kata Erickson lagi.

Anda juga dapat menemukan banyak produk-produk berbahan alami seperti rosemary dan henna yang dapat digunakan untuk menambah volume rambut, membentuknya serta memperkuat rambut. Sementara itu minyak esensial dapat dijadikan sebagai pengganti pewangi sintetis bagi rambut yang tidak akan membuat rambut kering karena tidak mengandung alkohol.

Sumber : Prevention Indonesia


blog comments powered by Disqus