Membership
Lupa password?
Pengembangan Diri

12 Langkah Menjadi Cantik (1)
Selasa, 05 Januari 2010
senyum

Foto: Dok. NOVA

Kecantikan sejati bukan sekadar nasib baik atau hasil undian genetika. Utamanya justru rasa percaya diri. Dan rasa percaya diri terhadap kecantikan diri-sendiri tentu tidak datang dengan sendirinya, tapi harus senantiasa diasah. Mengasah diri tak cukup dengan menjadi peserta berbagai seminar kecantikan, lo. Lebih dari itu. Pribadi Anda pun perlu diasah. Nah, dua belas langkah berikut, bila dijalankan dengan betul, pasti membuat Anda makin cantik.
1. BERPIKIR POSITIF
Ingat, membangun rasa percaya diri jauh lebih penting ketimbang repot-repot membentuk tubuh yang aduhai. Soalnya, kecantikan lahiriah Anda tak ada artinya bila Anda tak memancarkan kecantikan batiniah. Nah, mulailah hari-hari Anda dengan mengatakan pada diri sendiri hal-hal positif tentang Anda. Apa pun kesibukkan Anda, berusahalah untuk senantiasa menyegarkan ingatan Anda bahwa Anda adalah pribadi istimewa yang tak tergantikan. Sibuk memikirkan kekurangan Anda hanya akan mendatangkan kerugian sekaligus “meracuni” pikiran Anda.

2. BERPARTISIPASI AKTIF
Jangan pernah ragu untuk ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan yang mendatangkan manfaat bagi kebugaran tubuh Anda. Dari menemani suami berjoging, senam pagi bersama ibu-ibu di kompleks Anda tinggal, sampai sekadar berjalan santai mengantar si kecil ke sekolah (bila memang bisa ditempuh dengan berjalan kaki). Demi olah tubuh tadi tak ada salahnya, lo, bila sekali-sekali Anda mengulurkan bantuan pada pembantu Anda sendiri yang tengah kewalahan bekerja.

3. TEGAKKAN BADAN
Anda akan sulit merasa rendah diri bila mampu menegakkan kepala dengan tatapan lurus ke depan. Beri kesempatan sesering mungkin postur tubuh Anda di “tune-up”. Caranya? Lakukan pernapasan dada. Tarik napas dalam-dalam tiga kali. Tarik kedua bahu ke belakang sambil angkat dagu Anda. Regangkan tubuh memanjang. Bayangkan tulang belulang Anda membentuk garis lurus, saling bertumpu satu sama lain. Latihan sederhana ini akan membuat Anda merasa lebih tinggi dan yakin pada diri sendiri.

4. MANDI SINAR MATAHARI PAGI
Rambut dan kulit yang sehat bisa merefleksikan cahaya batin Anda. Memang ada beragam krem atau cairan yang dapat memperindah penampilan mahkota Anda. Namun sinar matahari pagi pun bisa dimanfaatkan. Berjemur di panas matahari pagi akan memberi kilau yang sempurna dan tahan lama pada rambut Anda. Sedapat mungkin kurangi pemakaian hair dryer. Pengeringan alami dengan cara diangin-anginkan jauh lebih baik sekaligus menghemat pemakaian energi listrik.

5. PELAJARI SENI RIAS WAJAH
Sejauh memungkinkan, tak ada salahnya mengikuti kursus kecantikan. Namun kalaupun tidak bisa, jangan kecil hati. Di waktu senggang, toh, Anda bisa bereksperimen “mencoret-coret” wajah Anda. Jangan takut salah menyapukan pemerah pipi atau melukis kelopak mata Anda. Kalau hasilnya kurang memuaskan, segera bersihkan, coba lagi, dan coba terus sampai Anda menemukan tata rias terbaik yang Anda anggap paling pas dengan bentuk wajah dan karakter kepribadian Anda. Setelah ketemu dengan rias yang pas, jangan pula cemas tampil di muka umum dengan hasil eksperimen Anda. Tak ada salahnya sesekali bikin kejutan.

Harap diingat, saat memilih kosmetik, pilihlah yang pas dengan kondisi kulit Anda. Harga yang mahal bukan jaminan kosmetika yang Anda pilih bisa melekat indah di kulit Anda. Berkonsultasi dengan dokter kulit atau pakar kecantikan pasti lebih baik.

GL/Yanti

Views : 2658

blog comments powered by Disqus