Membership
Lupa password?
Keuangan

12 Alasan Membuat Anggaran Belanja
Selasa, 24 Maret 2009
daftar belanja

Anggaran belanja alias bujet adalah suatu pedoman yang menuntun ke mana Anda harus berjalan atau bertindak untuk masalah keuangan. Berikut ini keuntungan yang bisa diraih jika Anda membuat anggaran belanja keluarga dengan baik dan menjalankannya dengan tertib.

1. Bujet membuat Anda bisa mengontrol keuangan dan bukan uang yang mengontrol Anda.

2. Bujet akan "mengingatkan" Anda sebelum belanja atau menggosok kartu kredit.

3. Banyak orang tidak sadar, mereka hidup melebihi kemampuannya alias besar pasak dari tiang dan baru tersadar setelah terjerat hutang.

4. Bujet dapat menolong Anda mencapai tujuan atau keinginan dengan cara menghemat atau menyimpan uang.

5. Di samping membuat Anda terkontrol untuk selalu membeli barang yang memang diperlukan dan selalu membayarnya secara tunai, Anda pun terhindar dari pemborosan uang yang tidak jelas kegunaannya.

6. Bujet membantu seluruh keluarga berkonsentrasi pada tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, keinginan membeli mobil baru atau liburan ke luar negeri.

7. Bujet menolong menyiapkan Anda saat harus berhadapan pada suatu keadaan darurat, pengeluaran besar, atau sesuatu yang tidak diharapkan yang mungkin saja terjadi.

8. Percaya atau tidak, anggaran keuangan yang baik dan tertib dapat memperbaiki kualitas perkawinan Anda. Budget yang baik bukan hanya berfungsi untuk menyusun rencana, tapi juga sebagai alat komunikasi. Jalankan dengan baik, makan bujet bisa membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih dekat karena masing-masing jadi tambah semangat berkeja sama untuk mencapai tujuan (membeli rumah baru, misalnya), dan mengurangi pertengkaran mengenai masalah keuangan. Semua ini membuat Anda tenang sehingga kehidupan perkawinan dan seks Anda berdua semakin baik pula!

9. Bujet akan memperlihatkan dengan jelas, di bagian mana Anda terlalu banyak mengeluarkan uang sehingga Anda dapat menata kembali pengeluaran dan memfokuskan kembali ke hal-hal penting demi mencapai tujuan yang diinginkan.

10. Bujet menolong Anda terbebas dari hutang atau tidak punya hutang.

11. Bujet memungkinkan Anda mempunyai uang ekstra yang dapat dibelanjakan untuk kepentingan Anda pribadi.

12. Bujet menolong Anda tidur lebih nyaman karena tidak perlu pusing memikirkan, apakah keuangan keluarga cukup sampai akhir bulan.

Views : 1437

blog comments powered by Disqus