Membership
Lupa password?
Tips Griya

Trik Mencampur Cat
Selasa, 03 Juli 2012
Cat

Ilustrasi

Pahami Prinsip Warna

Awali dengan menguji coba sebagian kecil dari cat dan tanamkan teori warna dalam pemikiran. Misalnya, dari warna primer  merah, kuning dan biru, dapat menciptakan warna sekunder. Campurkan dua jenis warna, maka akan didapat warna sekunder seperti, oranye, hijau dan ungu.

Ingat-ingat, Anda juga dapat mencampur warna primer dengan sekunder yang mengandung unsur warna primer tersebut. Misalnya, hijau lemon dicampur dengan kuning dan biru.

Catat Selalu yang Ditambahkan

Saat mencerahkan warna, Anda dapat menambahkan warna putih, sebaliknya ketika mempergelap warna dapat ditambahkan warna hitam.

Jangan pernah lupa untuk mencatat rasio dan kuantitas cat yang ditambah saat menciptakan warna. Ini akan menjaga konsistensi warna ketika membuat campuran warna kembali.

Uji Coba Cat

Jika telah didapat warna yang Anda sukai, uji coba pada sehelai kertas atau area tak mencolok dimana Anda dapat mengecat.

Biarkan kering sebelum menilainya. Cat yang telah kering dapat memberi hasil akhir yang berbeda. Kadang kala, warna cat yang disukai (saat basah) belum tentu sama dengan hasil akhir yang didapat. 

Buat Campuran Cat Sesuai Kebutuhan

Setelah eksperimen contoh cat, buat kembali cat dalam jumlah atau kuantitas yang lebih besar. Buat sesuai dengan perkiraan dinding yang akan dicat.

Ingat-ingat, pengulangan dapat saja gagal mendapatkan hasil persis sama dengan percobaan sebelumnya. Saat diaplikasikan, kedua campuran dapat membuat warna dinding tak merata. 

Sebaiknya perhitungkan secara profesional sehingga pekerjaan mengecat mendapat hasil yang terbaik

Laili /  dari berbagai sumber

Views : 5944

blog comments powered by Disqus