Membership
Lupa password?
Tips Griya

Menyulap Lemari Lama jadi Baru
Rabu, 24 Februari 2010
lemari-4_medium fadoli

Foto: Fadoli Barbathully/NOVA

Setelah usianya lebih dari 10 tahun, mungkin Anda sudah bosan dengan lemari Anda. Tetapi bila kondisinya masih baik, mengapa harus segera membuangnya? Toh, Anda bisa menyulapnya jadi tampak baru, cuma dengan menambah kayu tipis di sana-sini serta mengganti catnya.

BAHAN DAN ALAT YANG DIPERLUKAN:
Kayu tipis (bisa digunakan untuk lis atap atau kayu rang), gergaji tangan, paku, palu, kapur, lem kayu (PVA), cat akrilik, pernis, kuas, serta pegangan kayu.

CARA MEMBUAT:
1. Bersihkan lemari Anda dari kotoran dan lepaskan pegangan lemari. Gunakan spatula (pengerok/sekop kecil) untuk mengisi semen kayu dan biarkan mengering.
2. Haluskan seluruh permukaan lemari dengan ampelas. Pastikan seluruh permukaan termasuk yang mengkilat juga terampelas dengan baik. Bersihkan debu dan bekas ampelas dengan lap kering.
3. Ukur panjangnya kayu untuk seluruh sudut lemari di tiap sisi kiri-kanan, depan-belakang, juga atas-bawah (lihat gambar). Beri tanda dengan kapur.
4. Pasang seluruh kayu dengan lem kayu agar tidak bergeser. Lalu kuatkan dengan paku ukuran sedang.
5. Pasang juga pegangan pintu lemari dengan yang baru. Agar lebih trendi, pilih pegangan kayu yang berbentuk bulat. Pasang juga bagian kakinya.
6. Lapisi seluruh permukaan dan kisi-kisi lemari dengan cat dasar. Biarkan mengering lalu haluskan dengan ampelas. Ulangi lagi pelapisan tadi dan setelah mengering ampelas hingga rata.
7. Setelah Anda membersihkan permukaan dari debunya, Anda tinggal mengecatnya dengan cat akrilik yang warnanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah kering lapisi dengan pernis agar hasilnya lebih bagus dan tahan lama.

Dok. NOVA

Views : 10221

blog comments powered by Disqus