Membership
Lupa password?
Tips Griya

Memanfaatkan Bambu
Dari Tanaman Hias Hingga Kursi Malas
Kamis, 04 Februari 2010
bambu

Foto: Dok. NOVA

Bambu sebagai tanaman, sudah banyak dikenal orang. Apalagi karena pohon Bambu bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis keperluan. Entah dibuat pagar, alat angkutan (rakit) atau peralatan rumah tangga selain tumbuh liar, pohon Bambu yang terdapat dalam berbagai jenis itu, sering digunakan sebagai tanaman hias. Dan kini bambu semakin popular dimanfaatkan sebagai perangkat rumah tangga.

Penggunaan bambu sebagai meubel misalnya. Selain berkesan alami meubel bambu juga sangat bersahaja penampilannya. Dari bambu, bisa dibuat berbagai jenis perlengkapan rumah. Seperti perangkat kursi, meja makan maupun amben (balai-balai) untuk bermalas-malasan.

Namun perlu diperhatikan, meubel bambu hanya sesuai ditempatkan di ruangan yang tak membutuhkan kesan formal. Seperti pada teras rumah, ruang keluarga atau ruangan santai dan lainnya. Supaya terasa nyaman duduk diatas bambu yang keras itu, bisa dibuatkan bantalan. Sekaligus dapat mempercantik penampilan secara keseluruhan.

MENYUDUT
Disainnya pun saat ini kian bervariasi. Ada yang berbentuk sederhana seperti yang umum kita temui, meski banyak juga yang telah diperbaharui atau dimordenisir. Sepeti model susunan dasar bambu menyudut, atau ukuran super besar, sehingga tampak sangat modis. Keindahannya, tak kalah dengan bahan lainnya.

Agar mendekati selera, warna meubel bambu pun bisa Anda pilih. Berwarna netral seperwarna alam bambu ataupun coklat tu. Bahkan banyak juga yang lebih menyenangi warna putih bersih. Perawatannya pun tak sulit. Asal rajin diberishkan dan diberi “obat” khusus anti raya, perangkat meubel dari bambu ini pun bisa bertahan lama.

Dok. NOVA


blog comments powered by Disqus