Membership
Lupa password?
Tips Griya

Cara Praktis Bersih-Bersih: Selalu Sedia Baking Soda
Minggu, 07 April 2013
image

Foto: iDEA/Indra Zaka Permana

Wastafel Mengilap

Supaya wastafel atau bak cuci putih mengilap, tutup lubang wastafel, lalu isi dengan air panas hingga hampir penuh. Setelah itu, tambahkan sekitar 1 cangkir kecil cairan pemutih, dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, buka lubang wastafel hingga airnya surut dan gosok menggunakan baking soda. Bilas wastafel sekali lagi, kilapkan dengan cairan pembersih kaca, dan keringkan.

Lemak di Piranti Masak

Biasanya, piranti masak seperti panci atau wajan yang sudah selesai dipakai, direndam air hingga semalaman. Konon, cara ini akan membuat lemak lebih mudah luruh saat dicuci. Padahal, cara berikut ini lebih mudah. 

Pertama, isi piranti masak dengan air hingga setengahnya.

Kedua, taburkan 1 sendok makan baking soda dan didihkan di atas kompor berapi kecil.

Ketiga, setelah mendidih, angkat piranti masak dan taburkan 1 sendok makan sabun pencuci cair. Dinginkan piranti masak, lalu buang airnya. Niscaya, lemak pun akan hilang dari piranti masak.

Penadah Tetesan

Saat Anda membersihkan bagian atas furnitur, kaca, dinding keramik di kamar mandi yang cenderung lebih tinggi, pakailah sarung tangan plastik yang berkualitas. Selain melindungi kulit dari cairan kimia, sarung tangan juga akan mencegah tetesan cairan dan air pembersih masuk ke tangan. Agar lebih efektif, lipat keluar sarung tangan supaya cairan yang menetes tidak masuk ke dalam tangan.

Bersihkan Busa

Busa-busa yang menempel sehabis Anda membersihkan dinding keramik kamar mandi, misalnya, biasanya dibersihkan dengan menggunakan spons atau justru menyiramkan air. Cara ini, selain tidak efektif, juga boros air. Lebih baik gunakan botol semprotan yang diisi air yang lebih praktis, irit air, dan tidak membuat sisa sabun mengendap di dinding kamar mandi.

Astrid Isnawati

Views : 1410

blog comments powered by Disqus