Membership
Lupa password?
Taman

Tren Tanaman Pergola: Airmata Pengantin
Selasa, 05 Juni 2012
air mata pengantin foto laili

Foto: Laili

Cuaca ekstrem membuat orang mulai melirik pergola dan carport yang dipayungi tanaman nan rindang untuk menghiasi griya. Sayangnya tak semua tanaman bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pergola. Berikut ada 6 tanaman yang sedang tren mengikuti kebutuhan pergola penaung rumah.

Air mata pengantin

Sepintas pohonnya mirip dengan sirih-sirihan. Daunnya sedikit lebar dan tebal dengan batang yang merambat penuh. Di tanah air, tanaman ini banyak terdapat dimana saja. Ia memiliki dua pilihan warna pink dan putih. Saat berbunga, akan tegak dan menjuntai keluar dengan tangkai bunga yang panjang sehingga bunga maksimal.

Tanaman ini dapat dikombinasikan sehingga Anda bisa menikmati dua jenis bunga secara bersamaan. Tanaman yang memiliki nama asli Antigona Leptosus ini sangat disukai sebagai tanaman pergola, kanopi, carport maupun pagar karena daunnya yang sangat lebat. Di Californian Farm, Bojong, Sawangan, Depok, tanaman ini dibandrol Rp 50.000,- per kantong dengan tinggi sekitar 50 cm.

Merawat tanaman ini tidaklah sulit. Cukup sediakan media tanam campuran pupuk kompos, sekam bakar dan tanah. Lalu untuk pemupukan bisa dilakukan dengan member pupuk bunga semprot setiap 2 minggu sekali. Biasanya, setelah mencapai usia 6 bulan tanaman air mata pengantin akan berbunga sepanjang tahun tanpa henti.

Jangan lupa selalu upayakan sinar matahari langsung dan penambahan media tanam setiap 3 bulan sekali. Apabila ditemukan kutu putih dan ulat bulu bisa aplikasikan pestisida semprot.

Pengembang biakan tanaman ini relative mudah, bisa dengan cangkok maupun stek batang.

Laili


blog comments powered by Disqus