Membership
Lupa password?
Taman

Si Beringin Berbintik Emas
Tabat Barito (1)
Jumat, 04 September 2009
barito 1

Foto: Eng Naftali/Nova

Daunnya sangat indah, lebih-lebih jika terpapar sinar matahari langsung. Warna keemasan muncul dari bintik-bintik kuning yang ada di permukaan daun. Tak hanya indah, tanaman satu ini juga dikenal mampu mengatasi kanker, lho!

Salah satu daya tarik tabat barito (Ficus deltoidea ) adalah daunnya yang tersusun indah dengan warna daun hijau kekuningan. Daun tabat barito juga memiliki bintik-bintik keemasan di permukaannya.

Dari pantulan bintik-bintik ini akan terlihat warna kilap keemasan saat terkena sinar matahari. Tak heran jika tanaman ini sering disebut beringin bintik emas.

“Bagusnya memang diletakkan di area yang terkena sinar matahari, supaya warna keemasannya terlihat,” kata Bazuli dari Dara Flora, Kebon Jeruk, Jakarta.

Selain bagus sebagai penghias ruangan, misalnya di teras atau bagian dalam rumah, tabat barito juga indah sebagai pagar halaman. “Dibonsai bagus juga, tapi harus cari batang yang besar, kira-kira tanaman yang sudah berusia 10 tahun atau lebih,” kata Bazuli.

barito 3

Foto: Eng Naftali/Nova

Tanaman satu ini bisa mencapai tinggi hingga 2 meter. Akan tetapi, karena ukuran batang dan cabang yang yang relatif kecil, postur tanaman akan cenderung melengkung ke bawah jika pohon terlalu tinggi.

“Jadi, harus diberi penyangga, dari bambu misalnya, untuk menunjang tegaknya pohon. Yang paling ideal tingginya sekitar 1-1,5 meter. Kalau terus bertambah tinggi, bisa dipotong. Soalnya kalau tidak dipotong, jadi lemas dan melengkung ke bawah,” lanjut Bazuli. Tanaman ini dapat hidup pada pohon lainnya sebagai epifit.

Daun tabat barito tersusun rapi pada cabang-cabang yang ramping. Daunnya berwarna hijau terang kekuningan atau cokelat kekuningan dengan bintik-bintik kuning emas mengilap. Sementara bunga dan buah tabat barito terdapat di ketiak daunnya. Daun, bunga, dan buah inilah yang seringkali dijadikan ramuan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Hasto Prianggoro/Nova

Views : 1320

blog comments powered by Disqus