Membership
Lupa password?
Taman

Menata Taman Depan
Selasa, 27 April 2010
0taman

Foto: Ist

Hijaunya dedaunan di pohon dan hitam putihnya batu-batuan pastilah membuah mata ini sejuk dan membawa kesan tersendiri.

Taman yang indah dengan tanaman rimbun serta rapi, bisa pula Anda miliki. Dan untuk itu, Anda pun dapat menciptakannya sendiri.

Hanya saja terkadang kita tidak mengerti, harus memulai dari mana. Apakah membeli tanaman lebih dulu atau menata tanahnya. Nah, menata taman yang asri, sama dengan menata taman sedemikian rupa hingga membentuk alam yang sebenarnya.

Untuk itu, terlebih dahulu kita harus membentuk lahan atau tanah menurut pola yang kita inginkan.

Bentuklah bukit-bukitan di sudut pagar atau tembok untuk memberikan fokus atau titik pandang (center point) dari keseluruhan taman yang akan kita bentuk.

Ratakan tanah selebihnya dan buatlah kemiringan ke arah tempat pembuangan air. Hal ini kita buat agar air hujan tidak menggenang di suatu tempat.

Setelah itu, barulah kita tentukan tanaman yang akan ditanam. Sebaiknya diperhatikan, jenis dan sifat tanaman yang kita beli. Ada tanaman yang jenis dan sifatnya tumbuh fertikal tapi ada pula yang tumbuhnya dapat diatur menjadi sebuah kelompok.

Di samping itu, ada tanaman sejenis rerumputan. Dan jangan lupa warna serta bunga tanaman pun dapat kita atur komposisinya hingga membuat taman lebih asri lagi.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyusun tanaman beserta gambarnya.

LANGKAH 1

Tanamlah tanaman yang tinggi/vertikal di bagian paling belakang dan paling tinggi tanahnya. Misalnya Anda bisa memilih jenis Pinang (merah, hijau, kuning, cemara dan lainnya.
LANGKAH 2

Susnan berikut adalah tanaman yang tumbuhnya dapat diatur. Misalnya tanaman pangkas (warna hijau atau kuning) soka dan lainnya.

LANGKAH 3

Tanaman berikutnya adalah jenis tanaman pendek semisal Lili Paris, Sianto atau jenis rumput-rumputan seperti krokot.

LANGKAH 4

Terakhir susun batu-batuan. Kalau dana memungkinkan, padukan taman ini dengan kolam air. Dan perlu diingat, kombinasi tanaman dapat ditambah sampai empat atau lima susunan tanaman.

Yang penting, ingat-ingatlah urutan dan tinggi rendahnya tanaman. Nah, selamat menata taman!

Nova

Views : 5846

#Tag :


blog comments powered by Disqus