Membership
Lupa password?
Taman

Menanam Cabai Harga Tinggi? Tanam Sendiri (2)
Selasa, 10 Agustus 2010
Pohon Cabai 3

Foto: Getty Images

Berantas Hama

Jangan lupa, cabai adalah tanaman pertanian berbatang lunak. Secara alami, cabai memiliki banyak hama yang setiap saat mengintai.

Di musim kemarau, tanaman cabai diintai lalat buah serta kutu daun yang dapat merusak buah cabai. Sedangkan di musim penghujan, tanaman cabai terancam oleh antraknose, jamur dan pseudomonas solanaceanum  (penyebab layu, red.).

Untuk mengatasi lalat buah dan kutu daun, semprotkan pestisida (seperti: Qthene , Hosianon , Curacron ) dua minggu sekali setelah tanaman pindah ke pot (usia 1 bulanan). Dan untuk mengatasi penyakit akibat antraknose, jamur dan bakteri bisa dengan penyemprotan fungisida (seperti: Dithane ) satu hingga dua minggu sekali.
Hentikan penyemprotan pestisida, fungisida dan pupuk minimal 1 minggu sebelum dikonsumsi.

Selamat bertanam cabai!

Macam-macam cabai

Foto: Getty Images

Jenis-Jenis Cabai

Cabai dikenal dengan jenis dan kegunaan yang beragam. Sebelum membeli bibit cabai yang diinginkan ada baiknya mengenal jenis-jenis cabai!

TM 88 dan TM 99

TM 99 dan TM 88 adalah jenis cabai merah keriting hibrida yang banyak dikembangkan di pusat budidaya tanaman. Jenis ini memiliki keunggulan fisik tahan hama dan buah cabai yang optimal. Di samping itu, jenis TM terutama 99 memiliki derajat pedas yang tinggi pada kelompok cabai sejenisnya.

CTH 01

Adalah cabai kriting hasil single cross dua tanaman cabai yang fleksibel ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Selain itu tahan terhadap penyakit antraknose buah dan mudah perawatannya.

Cakra Hijau

Merupakan cabai rawit hijau favorit petani karena masa panen yang lebih singkat sekitar  80-85 hari. Dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Ketika muda, buah berwarna hijau gelap. Saat tua akan berubah memerah dan berukuran sekitar 3 cm dengan citarasa sangat pedas di kelompok cabai rawit.

Cakra Putih

Merupakan cabai rawit berfisik kuat bercabang banyak. Buah mudanya berwarna hijau kekuningan dan merah ketika tua dengan besar sekitar 3 cm. Tahan terhadap antraknose buah dan dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi.

F1 Arimbi

Cabai jenis ini adalah cabai hasil single cross dua tanaman induk penghasil cabai merah besar berdaya tahan tinggi. Tahan terhadap serangan aphids dan kekurangan Ca. Selain itu, dapat dipanen kurang lebih 85 hari setelah pindah tanam.

 Laili Damayanti

Views : 4205

blog comments powered by Disqus