Membership
Lupa password?
Taman

Mangga Okyong: Berbuah Besar dan Manis
Jumat, 01 Juni 2012
Mangga Okyong

Foto: Laili Damayanti/NOVA

Satu lagi varietas mangga unggul asal Thailand yang memiliki buah istimewa, mangga Okyong namanya. Sepintas mangga Okyong mirip dengan mangga Harum Manis hanya bagian bawahnya meruncing seperti daun.

Buah mangga Okyong berkulit hijau tua seperti mangga Harum Manis namun dengan ukuran yang lebih besar. Pohonnya pun bisa menghasilkan lebih banyak buah karena satu dompol bisa berisi 7 buah mangga. Mangga pun mampu berbuah  3 kali dalam setahun.

Sebagai tabulampot, mangga Okyong mudah dikembangkan. Tidak sulit merawat pohon mangga satu ini karena pada dasarnya relatif mudah beradaptasi. Anda hanya perlu sedikit memperhatikan media tanamnya. Pohon mangga Okyong menyukai media tanam yang poros dan tidak terlalu padat. 

Selain itu, jangan terlalu menutupi atau menimbun batang bawah karena pohon juga perlu sirkulasi udara di batang bawah. Jika tidak, pohon akan sulit mencapai dewasa dan berbuah.

Pemupukan untuk pohon mangga ini, cukup dengan pupuk organik kotoran kambing yang ditambahkan ke media tanam setiap 3 bulan sekali. Selain itu perlu ditambahkan pupuk NPK mutiara 16-16-16 setiap 2 minggu sekali.

Seperti umumnya  buah mangga, di usia 4 tahun mangga Okyong sudah mulai berbuah. Namun Anda perlu ekstra hati-hati ketika pohon sudah mulai berbuah. Sudah banyak pemilik mangga Okyong yang gagal panen karena kulit buah pecah ketika buah mulai masak.

Jika menginginkan buah menua tanpa masalah, saat mulai terbentuk lindungi buah dengan penutup. Manfaatkan  kantong koran atau plastik hitam, untuk melindungi buah dari paparan sinar matahari langsung. Umumnya, buah pecah karena terkena paparan sinar matahari langsung.

Untuk sebatang pohon mangga Okyong yang sudah berbuah, Florantia One Stop Shopping asal Cimanggu-Bogor berani melepas seharga Rp. 400.000,-. Namun dengan merogoh kocek sedikit lebih dalam, Anda tidak akan menyesal mengoleksi mangga Thailand yang istimewa ini.

Laili

Views : 7663

blog comments powered by Disqus